x

Homologasi Rampung Jelang MotoGP Indonesia, FIM Beri Mandalika Peringkat Tertinggi

Minggu, 20 Maret 2022 00:39 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Yosef Bayu Anangga
Jelang MotoGP Indonesia, Federasi Motor Dunia (FIM) telah memberikan penilaian terbaru soal kelayakan sirkuit Mandalika setelah selesai perbaikan awal bulan ini. (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Jelang MotoGP Indonesia, Federasi Motor Dunia (FIM) telah memberikan penilaian terbaru soal kelayakan sirkuit Mandalika setelah selesai perbaikan awal bulan ini.

Pada penilaian terbaru, FIM menilai Sirkuit Mandalika termasuk dalam homologasi Grade A yang merupakan peringkat tertinggi dalam penilaian yang dilakukan FIM.

Baca Juga

Sebelumnya pada Kami lalu (17/03/22) Federasi Motor Dunia, Dona Sports dan IRTA telah melakukan track inspection sebelum akhirnya merilis nilai kelayaan Mandalika.

Pencapaian ini tentu merupakan buah hasil perbaikan yang dilakukan setelah pada sesi tes pramusim MotoGP Mandalika Februari lalu banyak pembalap yang mengeluhkan lintasan yang kotor dan berdebu.

Bahkan ada aspal di sejumlah titik lintasan yang terkelupas, para pembalap juga mengeluhkan adanya kerikil dan batu kecil yang terlontar saat sesi pramusim lalu.

Baca Juga

“Grade A merupakan tataran tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit Mandalika sangat layak untuk mengelar event MotoGP,” ungkap Abdulbar Mansoer, Direktur Utama ITDC.

“Hasil tidak akan mengkhianati usaha, alhamdulillah Sirkuit Mandalika berhasil meraih Grade A, setelah proses homologasi oleh FIM. Terimaksih atas kerja keras dan dedikasih keluarga besar ITDC Group dan MGPA, serta PT PP Tbk selaku kontraktor utama pengaspalan sirkuit dan MRK1 UK/RMI sebagai race consultant dan circuit management,” sambungnya.

Menilik dari hasil tes pramusim, Dorna Sports dan FIM merekomendasikan perbaikan, yaitu kebersihan permukaan trek dan pengaspalan di beberapa titik sirkuit.

Baca Juga

Rekomendasi pengaspalan ulang tersebar di sebagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Menurutnya, keberhasilan lolos homologasi Grade A tersebut tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang telah dilakukan oleh ITDC bersama MGPA, guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM.


1. Pembenahan Sirkuit Mandalika Pasca Tes Pramusim MotoGP

Logo Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika telah mendapat grade B saat penyelenggaraan World Superbike pada November 2021 tahun lalu, dengan hasil saat itu, Mandalika belum  layak menggelar balapan Grand Prix.

Saat ini, predikat Grade A disandang Sirkuit Mandalika setelah dilakukan sejumlah peningkatan seperti pada perangkat pelindung tambahan, penanda trek, area runoff, gravel, pagar ban, sinyal tikungan, lampu start baik di sepanjang trek, jalur keluar pit dan starting grid.

Baca Juga

Kemudian pos-pos marshal, panel lampu dan peralatan, perawatan trek, sistem drainase, hingga zona long lap penalti juga perlu adanya perbaikan dari pihak penyelenggara.

Para pembalap telah merasakan perbedaan kualitas lintasan setelah pengaspalan ulang saat sesi latihan bebas pada hari Jumat kemarin. Fabio Quartararo juga memberikan tanggapannya.
 
"Terasa berbeda, terakhir kali saat tes pramusim batu-batu terlempar, kali ini (serpihan) lebih kecil, jadi ini lebih baik," kata Pembalap Tim Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo, menanggapi kondisi Mandalika.

Baca Juga

Hanya saja, di sejumlah area ia merasakan grip yang baik di lintasan, tapi di bagian lain tidak. Iua merasa hal ini terjai karena belum banyak karet ban yang menempel di lintasan. 

“Di area membalap yang ada karetnya terasa baik tapi di zona pengereman gripnya tidak terlalu bagus. Benar-benar dua grip yang berbeda di aspal yang sama," kata Quartararo yang tampil tercepat di sesi latihan kedua

Meski begitu, Quartararo menyebut racing line kali ini jauh lebih baik. Apalagi sebelum motor-motor MotoGP mengaspal untuk latihan, lintasan telah digunakan oleh para pebalap ATC, Moto3 dan Moto2.

Juara dunia MotoGP tahun 2021 ini juga memandang lintasan cukup aman untuk digunakan balapan setelah menyelesaikan sesi latihan kedua.

"Treknya aman. Saya masih merasakan batu-batu kecil terlempar ketika saya mengikuti pebalap lain, tapi itu normal, ini lebih normal," kata Pembalap dari tim Suzuki Ecstar Joan Mir.

Baca Juga

 
Sesi latihan siang yang begitu ketat pada Jumat, menyaksikan catatan 18 pebalap teratas berjarak kurang dari satu detik di saat semua pebalap mampu tampil lebih kencang dari penampilan mereka pada sesi latihan pagi.

Pembalap Gresini Racing Enea Bastianini sementara ini memegang kendali klasemen pembalap berkat kemenangan perdananya di MotoGP saat merebut podium teratas di Qatar.

Sementara itu, juara bertahan Quartararo ingin melupakan hasil buruk di Qatar di mana ia hanya mampu finis P9, menyusul performa jeblok Yamaha serta defisit top speed di sana.


2. Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika

Pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjalani tes sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika.

Berikut ini hasil kualifikasi MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika pada Sabtu (19/03/22). Fabio Quartararo menjadi yang terdepan, sedangkan Marc Marquez dan adiknya tercecer.

Hajatan balapan yang ditunggu-tunggu publik Tanah Air akan mulai dihelat akhir pekan ini. Pada Sabtu (19/03/22), akan ada kualifikasi semua kelas balapan mulai dari Moto3, Moto2 hingga MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Babak kualifikasi kasta tertinggi MotoGP dimulai pada pukul 14.25 WIB atau 15.25 waktu setempat di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Sebelum memasuki babak kualifikasi, para pembalap MotoGP lebih dulu menjalani dua sesi latihan bebas tersisa hari ini, yakni FP3 dan FP4.

Baca selengkapnya: Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika: Quartararo Rebut Pole Pertama, Duo Marquez Tercecer

MotoGPDorna SportsOtomotifSirkuit MandalikaBerita MotoGPBerita OtomotifMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini