x

Kecelakaan Hebat MotoGP Mandalika 2022, Penyakit Lama Marc Marquez Kambuh Lagi

Rabu, 23 Maret 2022 16:24 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Karena Kecelakaan Hebat MotoGP Mandalika 2022, Penyakit Lama Marc Marquez Kambuh Lagi.

INDOSPORT.COM – Kecelakaan hebat di MotoGP Mandalika 2022 membawa masalah bagi Marc Marquez. Penyakit diplopia atau penglihatan ganda yang sempat diidap kembali muncul.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memang mengalami penurunan drastis selama musim 2020 dan 2021 karena mengalami cedera.

Baca Juga

Dalam dua musim belakangan, Marc Marquez dilaporkan mengidap sakit diplopia atau penglihatan ganda yang membuatnya harus menepi dari balapan MotoGP.

Marquez mampu kembali pada musim 2021 dan sempat memperlihatkan penampilan menawan saat meraih posisi kelima di MotoGP Qatar di Sirkuit Losail.

Namun demikian, nasib sial menimpa Marquez saat akan turun di seri kedua MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika pekan lalu.

Baca Juga

Marquez setidaknya mengalami tiga kali kecelakaan, mulai dari sesi latihan bebas, kualifikasi, dan yang paling parah saat terpelanting ketika sesi pemanasan pagi jelang seri MotoGP Mandalika 2022.

Motor Honda RC213V yang dikendarai oleh The Baby Alien terpelanting ke udara, pun dengan Marquez. Akibatnya, ia harus terpental ke gravel dengan keras dan tak mampu melanjutkan sesi pemanasan.

Baca Juga

Sebenarnya, pembalap asal Spanyol itu sempat diberitakan dalam kondisi yang baik-baik saja, meskipun beberapa waktu kemudian sempat dibawa ke rumah sakit terdekat.

Diketahui kemudian bahwa Marc Marquez mengalami gegar otak seusai kecelakaan besar yang menimpanya di sesi pemanasan.


1. Diplopia Marc Marquez Kambuh Lagi

Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Masalah lain terjadi saat Marquez mengungkap dalam perjalanan pulang ke Spanyol dirinya mengalami masalah penglihatan.

Dia pun mengunjungi dokternya, Sanchez Dalmau yang kemudian terungkap diagnosa sang dokter soal diplopia yang kambuh.

Baca Juga

“Untungnya ini tak separah cedera yang saya alami pada akhir tahun lalu. Saatnya beristirahat dan menunggu soal kelanjutan cedera ini. Seperti biasa, terima kasih banyak atas dukungan Anda,” tulis Marquez dalam keterangan di foto Instagram pribadinya.

Diagnosa mengenai penyakit yang diderita Marc Marquez pun diungkap oleh Sanchez Dalmau, seperti dilansir dari Crash.

Baca Juga

“Evaluasi yang kami lakukan ke Marc Marquez pada Senin silam usai cedera kepala yang terjadi saat membalap di MotoGP Indonesia 2022, menunjukkan diplopia baru karena lumpuhnya empat saraf kanan,” ujar Dalmau.

“Kondisi Marquez jauh lebih baik daripada saat cedera pada November 2021 lalu. Selepas pemeriksaan ini, Marquez akan menjalani pemeriksaan baru untuk mengevaluasi perkembangan cedera dan memprediksi pemulihan agar bisa kembali ke kompetisi,” tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Munculnya diagnose diplopia yang menimpa Marc Marquez menimbulkan tanda tanya apakah sang rider bisa kembali ketika MotoGP Argentina dan Amerika yang akan digelar beberapa pekan mendatang.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada perebutan gelar pada musim 2022 yang sangat diidamkan oleh Marc Marquez. Sejak mengalami cedera patah tangan pada balapan Jerez 2020, ia belum menyelesaikan satu pun musim penuh MotoGP ditambah diplopia pada 2021 lalu.


2. Marc Marquez Jalani Pemeriksaan di Barcelona

Pembalap LCR Honda Alex Marquez dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat beraksi di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Sabtu (19/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Marc Marquez sudah menjalani pemeriksaan mata di Barcelona pada Selasa pagi waktu Spanyol dan akan berkunjung ke tim medisnya di Ruber Internasional Hospital, Madrid.

Marquez akan menjalani pemeriksaan umum untuk mengetahui semua memar karena kecelakaan berat itu, serta melakukan MRI otak untuk melihat apakah ada cedera lain.

Baca Selengkapnya: Mencari Penyebab Kecelakaan Beruntun Marc Marquez di MotoGP Indonesia

Marc MarquezRepsol HondaMotoGPSirkuit MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini