x

Sudah Hampir 90 Persen Jadi, Ini Tanggal Rampungnya Sirkuit Formula E di DKI Jakarta

Minggu, 27 Maret 2022 17:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sirkuit Formula E di Ancol, DKI Jakarta diperkirakan rampung pada awal bulan Mei usai pembangunannya nyaris 90 persen jadi.

INDOSPORT.COM – Sirkuit Formula E di Ancol, DKI Jakarta diperkirakan rampung pada awal bulan Mei usai pembangunannya nyaris 90 persen jadi.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah untuk kejuaraan dunia balap mobil Formula E, yang berlangsung di Kawasan Ancol, DKI Jakarta.

Baca Juga

Kejuaraan balap dunia yang juga bernama Jakarta E-Prix  ini rencananya akan digelar pada 4 Juni 2022 mendatang.

Hingga saat ini, pembangunan sirkuit Formula E yang berada di Ancol nyaris rampung, jelang satu bulan lebih pelaksanaannya.

Sementara itu, konstruksi seluruh proyek Formula E Jakarta hingga fasilitas pendukungnya diprediksi selesai pada 1 Mei nanti, yang diucapkan langsung oleh Syarif selaku Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga

"Semua 100 persen selesai 1 Mei," kata Syarif, dilansir dari Antara.

Berdasarkan catatan BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pihak pelaksana, konstruksi untuk sirkuit hingga Jumat sudah mencapai 87,9 persen.

Informasi tersebut pun membuat Syarif optimistis awal April 2022 pengerjaan sirkuit atau lintasan sudah rampung, meski mundur dua hingga tiga hari karena ada peninjauan ulang dari panitia.

Baca Juga

Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas lain seperti tribune penonton, pembatas dan garasi tim pebalap (paddock) serta konstruksi lain seluruhnya diperkirakan selesai 1 Mei 2022.

"Kami apresiasi pekerjaan yang dikerjakan Jakpro dan kami pikir masyarakat sudah menanti, tidak sabar melihat Formula E," tambahnya.


1. Tribun Penonton Bisa Menampung Minimal 10 Ribu Orang

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Lebih lanjut Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta itu mengatakan bahwa, kapasitas bangku penonton di tribune diperkirakan mencapai minimal 10 ribu orang dan masih akan terus dievaluasi kembali.

"Yang saya dengar itu tribune, 'paddock', lain-lain sudah dibuat, tidak permanen seperti aspal," ucap Syarif, dilansir dari Antara.

Baca Juga

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Irawan Sucahyono selaku Penasihat Sirkuit Formula E yang merupakan tim teknis dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Irawan menambahkan bahwa kapasitas penonton diperkirakan 10 ribu di tribune dan kemungkinan terus berkembang serta akan ditinjau kembali oleh Formula E Operation (FEO).

"Tribune rampung harus menunggu trek selesai," ungkap Irawan Sucahyono.

Kejuaraan dunia mobil listrik Formula E Jakarta 2022 atau Jakarta E- Prix di Ancol akan berlangsung pada 4 Juni 2022 atau tinggal menghitung hari.

Baca Juga

Konstruksi sirkuit dikerjakan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan waktu pengerjaan diperkirakan selama 54 hari dengan anggaran Rp60 miliar.

Lintasan Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter dan 18 tikungan dengan pemandangan laut dan Jakarta International Stadium (JIS).


2. KPK Masih Selidiki Dugaan Korupsi Formula E di DKI Jakarta

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menyelidiki adanya dugaan korupsi dalam penyelenggaraan kejuaraan dunia balap mobil Formula E di DKI Jakarta.

Namun di tengah pembangunan sirkuit Formula E di Kawasan Ancol yang terus digenjot, ajang ini juga dinodai adanya dugaan kasus korupsi.

Untuk memastikannya, KPK hingga saat ini masih mengumpulkan bahan keterangan terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E.

Salah satu caranya ialah dengan memeriksa kembali Prasetyo Edi Marsudi selaku Ketua DPRD DKI Jakarta di Gedung KPK, Jakarta.

Baca selengkapnya: Sebentar Lagi Bergulir, KPK Masih Selidiki Adanya Dugaan Korupsi di Ajang Formula E

Formula 1DKI JakartaFormula E

Berita Terkini