x

Ini Alasan Mengapa Sebagian Besar Pembalap F1 Tolak Minum Air saat Balapan

Rabu, 27 Juli 2022 14:45 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pembalapan F1 Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Lewis Hamilton (Mercedes GP).

INDOSPORT.COM Beberapa pembalap Formula 1 (F1) memilih untuk tidak meminum air selama balapan berlangsung. Apa ya alasannya?

Bukan rahasia lagi bahwa para pembalap F1 sudah cukup keren. Tetapi di Grand Prix Prancis yang panas, terungkap bahwa sebagian besar dari mereka telah membawa level keren itu ke tingkat yang berbeda.

Baca Juga

Di F1 GP Prancis, suhu panas bisa mencapai hingga 30 derajat celcius dan suhu di atas trek sendiri bisa mencapai 60 derajat celcius hampir sepanjang akhir pekan.

Total 53 lap di Paul Ricard tidak mungkin menyenangkan bagi para pembalap, terutama karena sebagian besar bahkan tidak minum.

Tapi ini bukan karena perintah atau larangan dari FIA. Rupanya, sebagian besar tim telah memutuskan untuk menghapus sistem air minum pembalap mereka.

Baca Juga

Padahal, saat memacu mobil para pembalap bisa kehilangan berat badan hingga tiga kilogram. Jurnalis SkySports F1, Ted Kravitz, mengungkapkan alasan di balik penghapusan sistem ini saat mewawancarai Lewis Hamilton.

Ternyata, sebagian besar pabrik belum melengkapi mobil mereka dengan botol minuman karena masih kelebihan beban.

Baca Juga

Sebagai bagian dari peraturan baru, mobil-mobil F1 tahun ini sedikit lebih gemuk dengan berat minimum 798 kilogram. Hitungan ini sudah termasuk mobil, pengemudi, dan ban mobil.


1. Alasan Pembalap F1 Tolak Minum Air Saat Balapan

Lando Norris, pembalap Formula 1.

Ketika musim pertama kali dimulai pada bulan Maret, delapan dari sepuluh tim dilaporkan kelebihan beban.

Akan tetapi secara bertahap, satu per satu dari mereka telah melangsingkan tubuh mobil mereka selama musim berlangsung.

Baca Juga

Namun, sampai mereka bisa menyingkirkan beberapa bagian yang lebih besar, mereka tidak akan memasukkan 500 gram atau satu kilogram cairan ekstra ke dalam mobil, seperti yang dijelaskan oleh Kravitz.

Kini kalian mungkin bertanya-tanya atau merasa kasihan, namun kondisi ini bukan semacam situasi penyanderaan di mana para pembalap dipaksa untuk mengemudi tanpa minum sama sekali, ya.

Usut punya usut, kebanyakan pembalap memang tidak suka minum saat mengemudi.

Baca Juga

Lewis Hamilton, misalnya. Pembalap Mercedes ini mengungkapkan bahwa meskipun botol minumnya tidak berfungsi selama balapan di hari Minggu kemarin, ia sebenarnya tidak pernah benar-benar minum saat balapan.

Bahkan, GP Prancis sebenarnya menjadi tempat pertama kali di mana pembalap Inggris itu mencoba minum seteguk sepanjang tahun.

Lando Norris adalah pembalap lain yang cenderung menghindari minum saat balapan, tetapi bukan karena alasan yang sepertinya kalian harapkan.

Baca Juga

"Saya tidak bisa minum terlalu banyak cairan saat mengemudi," kata pembalap McLaren ini. "Saya hanya akan memuntahkannya kembali.”

Ya, setidaknya mereka mendapatkan sebotol air yang menyegarkan setelah balapan.


2. Hasil F1 GP Prancis 2022

Charles Leclerc, pembalap Formula 1.

Berikut hasil balapan Formula 1 (F1) GP Prancis 2022, Minggu (24/07/22) malam WIB, di mana Max Verstappen keluar sebagai juara.

Para pembalap jet darat baru saja merampungkan balapan F1 GP Prancis 2022, yang menjadi seri balapan ke-12 pada musim 2022 ini.

Pada balapan yang berlangsung seru tersebut, Max Verstappen (Red Bull) berhasil keluar sebagai juara usai mampu menjadi yang tercepat di Sirkuit Paul Richard.

Verstappen sendiri mengawali balapan dari P2. Namun ia berhasil merangsek ke posisi terdepan setelah memanfaatkan keapesan Charles Leclerc (Ferrari).

Leclerc sendiri sejatinya memiliki peluang untuk memenangkan balapan, lantaran ia meraih pole position alias start dari posisi terdepan.

Baca selengkapnya: Hasil F1 GP Prancis 2022: Charles Leclerc Apes Lagi, Max Verstappen Raih Kemenangan Ketujuh!

Lewis HamiltonF1Formula 1FIA

Berita Terkini