x

Jilat Ludah Sendiri, Ferrari Resmi Umumkan Mattia Binotto Mundur Sebagai Team Principal

Selasa, 29 November 2022 20:12 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Team principal Ferrari, Mattia Binotto. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo.

INDOSPORT.COM – Tim Scuderia Ferrari akhirnya resmi mengumumkan bahwa Mattia Binotto mundur dari jabatannya sebagai Team Principal tim Kuda Jingkrak usai sempat membantahnya.

Kabar mengejutkan ini diumumkan langsung oleh tim Ferrari dan juga Formula 1 (F1) melalui akun media sosial pribadinya pada Selasa (29/11/22) sore WIB.

Mattia Binotto akan meninggalkan jabatannya pada akhir tahun atau per tahun 31 Desember 2022 mendatang, atau sebelum musim Formula 1 2023 dimulai.

“Breaking, Mattia Binotto akan meninggalkan posisinya sebagai kepala Tim Ferrari pada akhir tahun 2022,” cuit laman resmi F1.

Dalam rilisnya, Mattia Binotto menyatakan bahwa dirinya dengan berat hati meninggalkan Ferrari, yang merupakan tim yang sangat dicintainya.

Baca Juga

“Dengan berat hati saya telah memutuskan untuk mengakhiri kolaborasi saya dengan Ferrari,” kata Binotto, dilansir dari laman resmi F1.

“Saya meninggalkan perusahaan yang saya cintai dan telah menjadi bagian hidup saya selama 28 tahun. Saya meninggalkan tim yang telah Bersatu dan berkembang. Tim yang kuat dan siap, saya yakin untuk mencapai tuan tertinggi dan mendoakan terbaik untuk masa depan,”

Baca Juga

“Saya pikir ini adalah keputusan yang tepat meski sulit. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Ferrari yang telah berbagi perjalanan dengan saya, meski ada kesulitan namun juga ada rasa kebahagiaan,” jelasnya.

Ini berarti, Ferrari sudah mengganti team principal sebanyak empat kali sejak tahun 2008 yakni Stefano Domenicali, Marco Mattiacci, Maurizio Arrivabene dan Mattia Binotto, dan sejauh ini hanya meraih satu gelar konstruktor pada 2008.

Sebelumnya Ferrari sempat menepis kabar soal rumor yang menyebutkan bahwa Mattia Binotto bakal hengkang dari tim Kuda Jingkrak di Formula 1 (F1).

Baca Juga

1. Ferrari Jilat Ludah Sendiri

Team principal Ferrari, Mattia Binotto. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo.

Sebelumnya Ferrari sempat membantah rumor soal posisi Mattia Binotto yang akan hengkang dari tim asal Italia tersebut.

Bahkan Ferrari sempat menyebutkan bahwa rumor tersebut tak berdasar di akun Twitter resminya pada 15 November 2022 lalu.

“Pernyataan Scuderia Ferrari: Sehubungan dengan spekulasi di beberapa media mengenai posisi Scuderia Ferrari Team Principal Mattia Binotto, Ferrari menyatakan bahwa rumor tersebut sama sekali tidak berdasar,” cuit Ferrari.

Namun nyatanya kini Mattia Binotto akhirnya resmi memutuskan untuk mundur dari posisinya sebagai kepala tim Ferrari.

Sejatinya rumor soal hengkangnya Binotto memang sudah tersebar jelang F1 GP Abu Dhabi 2022, di mana sejumlah nama pun dikaitkan untuk menggantikannya.

Baca Juga

Sementara itu CEO Ferrari Benedetto Vigna, mengucapkan terima kasih kepada Binotto untuk kontribusinya untuk tim.

"Saya ingin berterima kasih kepada Mattia Binotto atas kontribusinya yang luar biasa selama 28 tahun bersama Ferrari dan khususnya karena telah memimpin tim kembali ke posisi daya saing selama setahun terakhir ini," katanya.

Baca Juga

"Sebagai hasilnya, kami berada dalam posisi yang kuat untuk memperbarui tantangan kami, terutama bagi para penggemar kami yang luar biasa di seluruh dunia, untuk memenangkan hadiah utama dalam motorsport.

“Semua orang di sini di Scuderia dan komunitas Ferrari yang lebih luas mendoakan Mattia agar lebih baik di masa depan,” jelasnya.

Hingga saat ini Ferrari belum membocorkan siapa sosok yang akan menggantikan Mattia Binotto selaku Team principal Kuda Jingkrak.

Baca Juga
F1FerrariFormula 1Berita F1Mattia Binotto

Berita Terkini