x

Lewis Hamilton Segera Pensiun, 4 Pembalap F1 Ini Bisa Direkrut Tim Mercedes AMG

Sabtu, 21 Januari 2023 17:23 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pembalap Mercedes AMG Petronas Motorsport Lewis Hamilton (44) dari Tim Inggris Raya melambai kepada para penggemar setelah balapan F1 Grand Prix AS di Circuit of the Americas. (Foto: REUTERS/Jerome Miron)

INDOSPORT.COM - Beberapa waktu lalu, pembalap top Lewis Hamilton mengisyaratkan bakal segera pensiun. 4 pembalap F1 ini mungkin bisa direkrut tim Mercedes-AMG untuk jadi penggantinya.

Lewis Hamilton sendiri mengalami nasib apes pada F1 musim 2022. Ia bahkan gagal meraih satu pole pun dan hanya mampu meraih sembilan podium tanpa satu kemenangan.

Baca Juga

Hal ini membuatnya harus puas mengakhiri musim di peringkat keenam pada klasemen akhir. 

Memang faktor usia sangat berpengaruh kepada pembalap yang sukses menjuarai gelar tujuh kali tersebut.

Berbicara kontraknya bersama Mercedes AMG Petronas, Hamilton sendiri masih terikat hingga akhir musim 2023. 

Baca Juga

Belum ada desas-desus rumor terkait apakah kontraknya akan kembali diperpanjang oleh Mercedes AMG atau tidak. 

Sementara itu, pembalap top yang sudah berusia 37 tahun juga sudah mengisyaratkan sebentar lagi bakal pensiun dari arena balap. 

“Sejujurnya saya berharap tidak lagi balapan di usia 40 tahun. Karena ada hal lain yang ingin saya lakukan, sehingga melakukan keduanya bersamaan sangat sulit,” akunya dikutip dari Formula 1 News. 

Baca Juga

Sementara itu, Kepala Tim Mercedes AMG Petronas Toto Wolff juga mengeluarkan pernyataan bahwa Hamilton tidak lama lagi akan segera gantung setir. 

Jika satu atau dua tahun lagi Lewis Hamilton pensiun, tentu Mercedes AMG akan merasa sangat kehilangan. Oleh karena itu, 4 pembalap ini patut direkrut untuk jadi penggantinya.


1. 4. Lando Norris

Lando Norris, pembalap F1 dari tim McLaren.

Jika ingin mencari pengganti jangka panjang namun juga berbakat, Mercedes bisa mengincar Lando Norris. Pembalap asal Inggris itu sudah tampil konsisten selama empat musim di F1. 

Dengan penampilan seperti itu, wajar jika McLaren bergerak cepat untuk mempertahankan Norris dengan kontrak jangka panjang hingga 2025 mendatang. 

Baca Juga

Pembalap 23 tahun ini memang disebut pemimpin proyek panjang McLaren, namun kepergian Kepala Tim McLaren Andreas Seidl bisa membuatnya berpikir ulang untuk bertahan. 

Jika kepergian Kepala Tim Andreas Seidl berpengaruh pada performa tim secara keseluruhan di musim 2023, itu akan menjadi momen tepat untuk Mercedes merekrut Norris. 

Jika bisa merekrut Norris, bahkan mampu merekrut pasangannya di McLaren George Russel, Mercedes punya peluang untuk memenangkan kejuaraan dalam satu dekade berikutnya. 

Baca Juga

3. Charles Leclerc

Ferrari sudah puasa gelar dunia selama 15 tahun berjalan, yang membuat pembalap andalannya Charles Leclerc mungkin akan berpikir untuk cari klub lain agar bisa menjadi juara F1. 

Kontraknya dengan Ferrari baru berakhir pada 2024, namun rumor dirinya dan Mercedes sudah mulai terdengar sejak 2022 lalu. 

Leclerc mungkin menjadi pembalap di usia keemasan yang punya statistik terbaik, dia membuktikannya dengan merebut pole terbanyak di tahun 2022. 

Baca Juga

Tapi, Mercedes tampaknya harus menunggu momen yang tepat untuk merekrut Leclerc. Pasalnya, Ferrari baru saja mengangkat Frederic Vasseur sebagai kepala tim. 

Leclerc dan Vasseur pernah bekerja sama di Alfa Romeo dan sampai sekarang punya hubungan yang kuat. Yang membuat sang pembalap masih akan bertahan dua tahun ke depan. 


2. 2. Esteban Ocon

Pembalap Red Bull Racing Limited Max Verstappen (1) dari Tim Belanda merayakan kemenangannya dalam balapan Grand Prix F1 AS di Circuit of the Americas. (Foto: REUTERS/Jerome Miron)

Jika Leclerc sulit, Mercedes bisa menyasar Esteban Ocon sebagai alternatif yang memang lebih mudah. Dia merupakan pembalap junior dari Mercedes di tahun 2019 lalu. 

Yang kemudian di awal 2020, dia menerima pinangan dari tim Renault yang sekarang bernama Alpine. Kontraknya di tim Alpine masih berlangsung hingga akhir 2024 mendatang. 

Dengan latar belakang bersama Mercedes dan juga punya hubungan dekat dengan Wolff, bukan tidak mungkin Ocon akan kembali dengan senang hati. 

Baca Juga

1. Max Verstappen

Max Verstappen selalu diincar oleh tim-tim F1 setiap musimnya, termasuk Mercedes. Bahkan Wolff sempat mengakui pada 2014 lalu, timnya hampir merekrut sang pembalap sebelum disalip oleh Red Bull. 

Red Bull pun sekarang menganggap Verstappen sebagai pemimpin timnya, dengan kontrak panjang selama lima tahun hingga 2028, dengan total nilai kontrak 200 juta poundsterling. 

Mungkin menargetkan Verstappen sulit direalisasikan apalagi rivalitasnya dengan Hamilton. Tapi jika Hamilton pensiun nanti, Verstappen mungkin tidak keberatan untuk gabung Mercedes.

Lewis HamiltonRed Bull F1FerrariMax VerstappenFormula 1Esteban OconCharles LeclercLando NorrisAlpine F1 TeamMercedes AMG Petronas F1 Team

Berita Terkini