x

Kerpen-Manheim, Tempat Bersejarah Michael Schumacher Akan Rata dengan Tanah

Jumat, 7 April 2023 21:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Michael Schumacher (kanan) pernah punya cerita di Kerpen-Manheim. Foto: Charles Coates/Getty Images/dw.com.

INDOSPORT.COM - Kabar tidak menyenangkan datang dari tempat legenda Formula 1 (F1), Michael Schumacher, tumbuh, yakni Kerpen-Manheim di Jerman.

Menurut kabar yang beredar, termasuk diwartakan laman gpfans.com, tempat tersebut akan segera rata dengan tanah untuk pembangunan sebuah proyek.

Adalah tambang batubara terbuka yang kabarnya akan dibangun di sana. Alhasil, bangunan-bangunan yang ada di area tersebut harus ‘dilenyapkan’.

Mesin-mesin penggali (excavator) diprediksi akan berada di sana tahun depan untuk meratakan isi kota, kecuali tiga bangunan.

Beruntung, rumah masa kecil Michael Schumacher kabarnya akan dipertahankan. Sementara itu, dua bangunan lainnya adalah gereja dan trek go-kart.

Baca Juga

Dengan demikian, para penikmat dan penggemar Formula 1 (F1) masih bisa melakukan napak tilas di Kerpen-Manheim dan mengunjungi rumah masa kecil Schumi.

Lintasan go-kart di Erftlandring pun masih bisa dikunjungi. Di tempat bersejarah inilah seorang Schumi mengasah kemampuan balapnya hingga jadi legenda besar.

Baca Juga

Sebelumnya, tempat ini juga nyaris dihancurkan, juga untuk proyek tambang batubara. Akan tetapi, dalam pemberitaan tahun 2020, Erftlandring berhasil dipertahankan.

Rencana itu berhasil digagalkan berkat usaha dan perjuangan para aktivis lingkungan, yang begitu ngotot mempertahankan area Hutan Hambach dan sekitarnya.

Go-kart sendiri memang sangat berarti bagi Michael Schumacher. Ia untuk pertama kalinya menjajal olahraga ini saat usia empat tahun, bahkan pernah menabrak tiang lampu.

Baca Juga

1. Salah Satu Saksi Karier Michael Schumacher

Michael Schumacher (kanan) pernah punya cerita di Kerpen-Manheim. Foto: Charles Coates/Getty Images/dw.com.

Melihat bakat Schumi, sang ayah kemudian memasukkan putranya itu ke klub Kerpen-Horrem. Ia pun berhasil meraih gelar juara untuk pertama kalinya saat berusia enam tahun.

Sebagai ayah, Rolf Schumacher pun banting tulang mati-matian demi membiayai dan mendukung bakat buah hatinya.

Ia pun mengambil pekerjaan sampingan sebagai penyedia jasa sewa dan perbaikan mobil go-kart. Sementara itu, istrinya berjualan di kantin klub tersebut.

Selain arena bermain go-kart, Kerpen-Manheim juga menyimpan banyak cerita legendaris tentang sang legenda Formula 1 (F1).

Di tempat inilah, Michael Schumacher menikah dengan sang istri, Corinna, yang sampai saat ini masih setia menemainya pascakecelakaan ski.

Baca Juga

Untuk diingat kembali, kancah F1 sempat digemparkan pada 2013 usai tersiar kabar bahwa Michael Schumacher mengalami kecelakaan ski.

Buntut insiden tersebut, ia mengalami cedera di kepala dan kemudian menarik diri dari publik untuk fokus ke pengobatannya.

Baca Juga

Selama masa pengobatan, tidak banyak berita yang bisa dikorek dari keluarga Schumi. Jangankan istri dan anak-anaknya, para orang terdekatnya pun sering bungkam jika ditanya.

Tidak ayal, kondisi Schumi yang kerap menjadi misteri di kalangan publik dan penikmat F1 pun tidak jarang memunculkan spekulasi yang beraneka ragam.

Meski begitu, orang-orang terdekatnya termasuk Jean Todt, berharap masyarakat bisa maklum dan memberi privasi bagi kehidupan mantan pembalap Ferrari itu saat ini.

Baca Juga

2. Di Balik Proses Penyembuhan Schumi

Michael Schumacher (kanan) menjauh dari mata publik setelah mengalami kecelakaan ski.

Proses perawatan dan pemulihan Michael Schumacher sendiri dibantu dan senantiasa ditemani oleh istri tercinta yakni Corinna.

Di tengah banyaknya dukungan yang mengalir kepada Schumi baik dari anggota keluarga, kawan, dan para penggemar Formula 1 (F1), Corinna adalah salah satu orang terdekatnya.

Selain dikenal sebagai iastri Michael Schumacher, Corinna juga dikenal sebagai seorang aktivis hak-hak hewan di Jerman. Bahkan, ia juga lihai menunggang kuda.

Michael dan Corrina menikah pada Agustus 1995 dan dikaruniai dua orang anak yakni pembalap F1, Mick Schumacher, dan atlet berkuda, Gina-Maria Schumacher.

Perjuangan Corinna untuk kesembuhan suaminya tentu tidak hanya berputar pada sisi mental saja, tetapi juga materi.

Ia bahkan pernah dikabarkan ingin menjual rumah mewah mereka di Jenewa Swiss, demi mendapat tambahan biaya pengobatan Schumi yang tentunya tidak sedikit.

Keluarga Schumacher membeli rumah bak istana tersebut senilai 3 juta pounds (sekitar Rp60 miliar) pada 2002 sebelum Schumi meraih gelar kelimanya bersama tim Ferrari.

Selain itu, Corinna juga beberapa kali tampil di hadapan publik untuk memberi kabar tervaru tentang perkembangan kondisi sang suami.

Akan tetapi, tidak banyak yang bisa ia ucapkan atau beberkan ke khalayak ramai karena ingin menjaga privasi keluarganya.

Apa yang terjadi di balik proses penyembuhan Michael Schumacher sendiri diharapkan tidak menjadi konsumsi publik, agar keluarga bisa lebih fokus melakukan tugas mereka.

Sumber: gpfans.com

F1Michael SchumacherFormula 1Berita F1

Berita Terkini