x

Profil Miguel Oliveira, Juara Bertahan MotoGP Mandalika yang Juga Dokter Gigi Beristri Adik Sendiri

Sabtu, 14 Oktober 2023 08:01 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Jelang MotoGP Mandalika 2023 yang akan digelar pada Sabtu (15/10/23) mendatang, nama Miguel Oliveira patut mendapat sorotan lebih. Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Jelang MotoGP Mandalika 2023 yang akan digelar pada Sabtu (15/10/23) mendatang, nama Miguel Oliveira patut mendapat sorotan lebih.

Ya, rider 28 tahun dari tim Aprilia tersebut adalah juara bertahan seri ini setelah menempati podium pertama pada edisi 2022 silam.

Baca Juga

Meski mungkin tidak akan kembali difavoritkan untuk kembali menjadi yang tercepat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, esok hari mengingat dominasi Francesco Bagnaia dan Jorge Martin namun tetap saja sosok Oliveira layak terus dipantau.

Berikut profil singkat Miguel Oliveira yang ternyata tidak cuma lihai dalam mengendari kuda besi saja namun juga seorang mahasiswa kedokteran gigi tersebut.

Miguel Angelo Falcao de Oliveira lahir di Almada, Portugal, pada 4 Januari 1995. Almada sendiri adalah salah satu kota yang masih masuk wilayah metropolitan Lisbon sebagai ibu kota negara dengan hanya dipisahkan perjalan via kapal ferry berjarak 12 kilometer.

Oliveira sejak kecil sudah menyukai dunia balap motor dan mulai menunggangi kuda besi pertamanya semenjak usia empat tahun.

Baca Juga

Semua berkat dukungan sang ayah yang juga seorang pembalap motor. Oliveira senior bahkan mendaftarkan putranya sedini mungkin untuk ikut ajang balapan.

Salah satu adu pacu pertama yang Oliveira ikuti adalah kejuaraan nasional Portugal saat umurnya baru beranjak sembilan tahun.

Namun gelar perdananya baru datang di 2005 dalam ajang MiniGP Portugal dan Metrakit World Festival Spanyol. Semenjak itu bakatnya untuk menjadi pembalap pun semakin ia asah sehingga akhirnya menembus kelas MotoGP pada 2019.

Kendati demikian bukan berarti pendidikan formal kemudian Oliveira tinggalkan. Ia tetap tekun belajar di bangku sekolah dan bahkan sampai saat ini masih terdaftar sebagai murid perguruan tinggi dengan jurusan yang bukan main-main, kedokteran gigi.

Baca Juga

1. Pengidola Pedrosa dan Rossi yang Nikahi Adik Sendiri

Miguel Oliveira. Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha

Miguel Oliveira memang pribadi yang berotak encer. Salah satu buktinya adalah kemampuan dalam berbicara dalam lima bahasa.

Selain Portugal yang merupakan bahasa ibunya, sosok yang kini berusia 28 tahun itu juga lancar berkomunikasi lewat bagasa Inggris, Spanyol, Prancis, dan Italia.

Baca Juga

Tentunya ini memudahkannya untuk ngobrol dengan anggota timnya yang berasal dari berbagai macam negara.

Kemampuan tersebut tentunya juga memudahkan Oliveira apabila punya kesempatan berjumpa dengan dua idola terbesarnya, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa, yang berasal dari Italia dan Spanyol.

Oliveira bahkan sempat satu tim dengan Pedrosa semasa di KTM dengan sang legenda berperan sebagai test rider sekaligus mentornya.

Aspek menarik dari Oliveira lainnya adalah soal pasangan hidupnya yakni Andreia Pimenta yang tidak lain adalah adik tirinya sendiri.

Baca Juga

Andreia adalah anak yang dibawa oleh ibu tiri saat menikahi ayah Oliveira. Saat kali bertemu dengan Andreia, Oliveira masih berusia 13 tahun seperti yang dilansir dari Daily Mail.

Keduanya sempat melakukan hubungan backstreet selama 11 tahun sebelum akhirnya mengumumkan ke publik bakal menikah pada 2021 lalu.

Kini Oliveira dan Andreia sudah dikaruniai seorang putri yang semakin mengeratkan ikatan mereka sebagai pasangan suami istri.

Desember mendatang akan jadi ulang tahun kedua sang buah hati. Kado dini dengan podium di MotoGP Mandalika 2023 tentunya akan jadi sesuatu yang ingin diraih oleh Miguel Oliveira.

Baca Juga
MotoGPMiguel OliveiraMotoGP MandalikaIndepth

Berita Terkini