3 Perguruan Pencak Silat yang Berdiri di Luar Negeri

Senin, 3 September 2018 07:10 WIB
Editor: Juni Adi
© Facebook.com/SiGePi Institut Berlin
SiGePi Institut Berlin. Copyright: © Facebook.com/SiGePi Institut Berlin
SiGePi Institut Berlin.

INDOSPORT.COM - Seni bela diri asal Indonesia, pencak silat rupanya banyak digemari oleh masyarakat dunia khususnya publik Eropa dan Amerika Serikat.

Dunia olahraga pencak silat saat ini tengah jadi perbincangan hangat dikalangan para pecinta olahraga Tanah Air. Hal itu tak lepas dari sumbangan medali emas yang mereka raih di ajang Asian Games 2018, dengan total 14 emas.

Hal tersebut membuat pencak silat jadi cabang olahraga yang paling banyak menyumbang medali emas untuk Indonesia, hingga penutupan Asian Games 2018, pada Minggu (02/09/18).

Dengan berakhirnya pesta olahraga terbesar di Asia edisi ke-18 tersebut, banyak yang berpendapat menanyakan nasib masa depan pencak silat di Asian Games.

Sebab, ini adalah pertama kali seni bela diri tersebut dipertandingkan. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) kabarnya akan memperjuangkan akan pencak silat tetap eksis di Asian Games 2022 di China.

"Kita akan perjuangkan silat bisa dipertandingkan di Asian Games 2022 yang salah satunya meyakinkan tuan rumah China. Kita akan lakukan lobi," kata Wakil Ketua KOI, Mudai Maddang seperti dilansir Antara.

Apa yang dilakukan KOI cukup beralasan. Sebab, pencak silat sebagai olahraga telah lama digemari banyak masyarakat di seluruh dunia.

Dan memang sudah selayaknya untuk dihadirkan dalam ajang pesta olahraga sekelas Asian Games bersanding dengan seni bela diri lainnya seperti taekwondo, karate dan judo.

Bahkan saking populernya, banyak perguruan silat yang didirikan di beberapa belahan dunia, termasuk di benua Eropa dan Amerika. Berikut INDOSPORT coba merangkum perguruan-perguruan silat di luar negeri:

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%