Imam Nahrawi dan Deretan Mantan Atlet Indonesia yang Gagal Lolos Pileg 2019

Selasa, 21 Mei 2019 21:10 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Imam Nahrawi tiba di hotel Timnas Indonesia U-22 Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Imam Nahrawi tiba di hotel Timnas Indonesia U-22

INDOSPORT.COM - Termasuk Imam Nahrawi, deretan mantan atlet Indonesia berikut ini juga gagal lolos ke DPR sebagai calon legislatif tahun 2019 ini. Siapa sajakah mereka?

Tepat hari ini, Selasa (21/05/19) KPU atau Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan hasil Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) 2019 yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 17 April lalu.

Menariknya, dalam daftar pilih yang ada kemarin, terdapat beberapa mantan atlet Tanah Air yang diketahui ikut mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) dan diusung oleh berbagai partai politik.

Namun meski memiliki popularitas tinggi sebagai atlet yang sukses mengharumkan nama bangsa, beberapa mantan atlet berikut ini ternyata tidak memiliki jaminan untuk lolos dengan mudah sebagai anggota parlemen.

Bahkan Menpora (kementrian pemuda dan olahraga) saat ini, Imam Nahrawi yang juga ikut sebagai calon legislatif 2019 gagal melangkah ke Senayan karena kurang suara.

Mengacu pada hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), beberapa mantan atlet yang mendaftar menjadi caleg hampir dipastikan gagal melenggang ke Senayan, dan berikut INDOSPORT.COM coba merangkum mantan atlet Indonesia yang gagal lolos Pileg 2019:

1. Yayuk Basuki
Mantan petenis yang sempat mempersembahkan medali emas Asian Games tahun 1986, 1990, dan 1998 ini maju sebagai caleg dari partai PAN pada Pileg 2019 untuk Dapil Jawa Tengah I. 

Namun, perolehan suara yang ia peroleh tak sampai menyentuh angka empat persen atau batas suara minimal dalam pemilihan umum tahun ini.

2. Hariyanto Arbi
Hariyanto Arbi mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI pada Pileg 2019. Mantan pebulutangkis tersebut diusung oleh partai PSI lewat Dapil Jawa Tengah I.

Haryanto Arbi gagal ke Senayan setelah partai yang ia usung, PSI, tak bisa menembus ambang batas suara sebesar empat persen. Dia pun dipastikan gagal meraih kursi DPR RI.

3. Icuk Sugiarto

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTIcuk Sugiarto

Icuk maju sebagai caleg untuk Partai Hanura, dan mewakili Dapil Jawa Barat IV. Dalam hasil perhitungan, Juara dunia bulu tangkis 1983 ini hanya berhasil mengumpulkan sekitar 8.000 suara.

4. Ricky Subagja
Peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta ini dikenal dengan smash mautnya saat bertanding, namun sayang kekuatan pukulannya tak mampu meluluhkan hati rakyat untuk memilihnya kembali di Pemilu kali ini.

Mantan atlet bulu tangkis ini maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Demokrat. Ia maju menjadi Dapil Jawa Barat I. Pada Pileg 2014, Ricky berhasil lolos sebagai anggota parlemen. Namun, keberhasilannya lima tahun lalu gagal terulang tahun ini.

5. Chris John
Chris John terdaftar sebagai caleg Pileg 2019 dengan dukungan Partai Nasdem. Mantan petinju Tanah Air tersebut mencalonkan diri lewat Dapil Jawa Tengah X.

Namun petinju berjuluk The Dragon ini harus gigit jari, setelah dipastikan gagal menuju Senayan tahun ini lantaran hanya meraih sekitar 4.000 suara.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT