Liga Indonesia

Serupa Rahmad Darmawan, 3 Eks Pesepakbola Indonesia Ini Gabung Demokrat

Kamis, 16 Juli 2020 05:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© demokrat.or.id
Terdapat tiga eks pesepak bola Indonesia yang juga bergabung menjadi kader Partai Demokrat seperti manajer Madura United, Rahmad Darmawan. Copyright: © demokrat.or.id
Terdapat tiga eks pesepak bola Indonesia yang juga bergabung menjadi kader Partai Demokrat seperti manajer Madura United, Rahmad Darmawan.

INDOSPORT.COM - Terdapat tiga eks pesepak bola Indonesia yang juga bergabung menjadi kader Partai Demokrat seperti pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.

Kabar tersebut akhirnya menjawab teka-teki sebelumnya yang mana beredar rumor bahwa eks pemain Persija Jakarta (1986-1996) itu bakal terjun ke dunia politik.

Isu yang berkembang kalau Rahmad Darmawan bakal maju menjadi calon wakil bupati. Dirinya dikabarkan menemani Nessy Calvia Mustafab di Pilkada 2020.

Pasalnya, poster keduanya bersanding mulai tersebar di dunia maya. Hal ini pun membuat mantan pelatih timnas Indonesia itu angkat bicara.

Sampai pada akhirnya, Rahmad Darmawan mendeklarasikan diri sebagai kader Partai Demokrat bersama Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Saya ingin berkiprah di politik dan saya mau menjalankan ini bersama Partai Demokrat yang sudah sangat saya pelajari sejak 2004," papar Rahmad Darmawan, Selasa (14/7/20).

Di sisi lain, AHY mengaku turut bahagia dan bangga atas bergabungnya Rahmad Darmawan dalam partai yang dipimpinnya kali ini dan ke depannya.

"Kehadiran Rahmad Darmawan, kami berharap Partai Demokrat juga semakin meneguhkan semangat untuk membangun prestasi di Tanah Air melalui berbagai hal, termasuk sepak bola," papar AHY ke awak media.

Mengetahui kabar tersebut CEO PSIS Semarang dan anggota DPR RI Yoyok Sukawi ikut memberikan tanggapan. Dirinya menganggap RD sosok yang berintegritas.

"Saya cukup kenal beliau, orang yang punya prinsip. Selamat datang dan memulai petualangan baru di dunia politik," imbuh Yoyok Sukawi kepada INDOSPORT, Rabu (15/7/20).

Juru taktik kelahiran Metro, Lampung, itu turut menambah daftar pegiat olahraga yang terjun ke dunia politik dengan tujuan memajukan bidang yang ditekuni.

Meski demikian, ternyata ada juga beberapa pemain sepak bola yang ikut gabung menjadi kader Partai Demokrat. Bahkan di antara mereka ada mantan pemain Persib Bandung.

1. Dwi Susanto

Mantan pemain Persewangi Banyuwangi, Dwi Susanto, merupakan salah satu kader Partai Demokrat. Dia bahkan mencalonkan diri ketika Pemilu 2019.

Dwi Susanto mengaku niatnya melangkah ke dunia politik berangkat dari hati nurani serta dukungan penuh dari para pesepak bola Banyuwangi.

Pria berusia 30 tahun itu maju di Dapil III Kabupaten Banyuwangi dalam pemilihan legislatif. Namun, tak diketahui lagi kabar dirinya lolos atau tidak.