Oase

Peduli Korban Kudeta Afghanistan, Angelina Jolie Tebar Dukungan via IG

Sabtu, 21 Agustus 2021 17:45 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Salt
Angelina Jolie di film Salt. Copyright: © Salt
Angelina Jolie di film Salt.

INDOSPORT.COM - Artis Hollywood, Angelina Jolie, punya cara tersendiri dalam menyuarakan nasib para perempuan Afghanistan. Aktris berusia 46 tahun itu akhirnya membuat akun Instagram pribadi, @angelinajolie.

Sontak, Jolie langsung mendapat setidaknya 3,4 juta pengikut sejak ia membuat akun Instagram. Dia lantas membagikan sebuah unggahan berupa foto surat dari gadis Afghanistan yang ia terima.

"Surat ini saya terima dari seorang gadis remaja di Afghanistan. Kini, orang-orang Afghanistan kehilangan kemampuan berkomunikasi lewat media sosial dan mengekspresikan dirinya secara bebas," tulis Angelina Jolie, Jumat (20/8/21).

"Jadi, saya gabung Instagram untuk membagikan kisah mereka dan suara-suara dari penjuru dunia yang tengah berjuang untuk mendapatkan hak azasi manusia yang paling utama," lanjutnya.

Angelina Jolie juga menjelaskan bahwa sekitar 20 tahun lalu dia berada di perbatasan Afghanistan, tepat dua minggu sebelum peristiwa 9/11. Ia bertemu dengan para pencari suaka yang melarikan diri dari Taliban.

"Rasanya memuakkan melihat para penduduk Afghanistan terpaksa berpindah ketika ketakutan dan ketidakpastian kembali mencengkeram negeri mereka. Setelah menghabiskan banyak waktu dan uang, darah dan nyawa hanya untuk ini. Sungguh sebuah kegagalan yang nyaris tak bisa dipahami," ujarnya.

Sutradara film "Unbroken" itu lantas melanjutkan bahwa ia telah melihat para pencari suaka Afghanistan selama berabad-abad.

"Orang-orang yang sangat berguna di dunia, diperlakukan seolah-olah mereka adalah sebuah sangatlah memuakkan. Seandainya saja mereka punya cara dan kehormatan, berapa banyak hal yang mereka bisa lakukan untuk diri mereka sendiri," tutur Angelina Jolie.

"Bertemu banyak perempuan dan anak-anak remaja perempuan yang bukan cuma menginginkan pendidikan tapi bahkan berjuang untuk itu. Seperti orang-orang lain yang sudah berkomitmen, saya tak akan berpaling dan mencari jalan untuk selalu membantu. Saya harap kalian ikut membantu," tandasnya.

Baca berita asli di AkuratCo

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%