Oase

Pemerintah Indonesia Berhasil Evakuasi 26 WNI dan 7 WNA dari Afghanistan

Sabtu, 21 Agustus 2021 14:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© jateng.tribun
Pemerintah Indonesia berhasil melakukan evakuasi terhadap WNI dan beberapa WNA dari Afghanistan yang kini telah dikuasai oleh Taliban. Copyright: © jateng.tribun
Pemerintah Indonesia berhasil melakukan evakuasi terhadap WNI dan beberapa WNA dari Afghanistan yang kini telah dikuasai oleh Taliban.

INDOSPORT.COM – Pemerintah Indonesia berhasil melakukan evakuasi terhadap WNI dan beberapa WNA dari Afghanistan yang kini telah dikuasai oleh Taliban.

Seperti diketahui, Taliban berhasil mengambil alih pemerintahan Afghanistan sejak pekan lalu. Situasi itu pun menimbulkan kekhawatiran dari banyak pihak terkait dengan situasi keamanan di negara tersebut.

Situasi di Afghanistan kemudian direspons sejumlah negara dengan mengevakuasi warganya dari sana. Hal yang sama pun dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Melalui akun resminya di Twitter, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia yakni Retno Marsudi mengumumkan sudah berhasil melakukan evakuasi terhadap WNI yang ada di Afghanistan.

Pesawat evakuasi disebut telah berhasil meninggalkan Kabul dan kini dalam perjalanan ke Indonesia.

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” tulis Retno Marsudi dalam cuitannya lewat akun Twitter @Menlu_RI.

Istimewanya, pihak-pihak yang dievakuasi tidak hanya WNI, tapi juga ada warga negara asing, termasuk dari Afghanistan. Secara total, ada 26 WNI yang berhasil dievakuasi dan kini dalam perjalanan kembali ke tanah air.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI),” tulis Retno Marsudi dalam cuitan lanjutan.

Sebelumnya, selain Indonesia, sejumlah negara sudah lebih dulu mengevakuasi warganya dari Afghanistan, seperti Amerika Serikat.

Baca berita asli di AkuratCo

Disclaimer: Artikel ini adalah kerja sama antara INDOSPORT dengan AkuratCo. Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.