Oase

Kabar Baik, DKI Jakarta Sudah Terbentuk Herd Immunity

Senin, 23 Agustus 2021 03:23 WIB
Editor: Juni Adi
© Shutterstock/ By BaLL LunLa
Illustrasi Vaksinasi Copyright: © Shutterstock/ By BaLL LunLa
Illustrasi Vaksinasi

INDOSPORT.COM - DKI Jakarta menjdai salah satu kota dengan target tingkat vaksinasi paling banyak di Indonesia, lantaran pernah menjadi wilayah zona merah.

Seteleh beberapa wilayah kini tingkat vaksinasi virus corona atau Covid-19 di Jakarta terus meningkat jumlahnya yang sudah mendapat vaksin.

Hal tersebut membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) yakin bahwa herd immunity atau kekebalan komunal sudah terjadi di Jakarta.

"Kita bersyukur Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity," kata Ariza di Masjid Agung Al Azhar Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Minggu (22/8/2021).

Meski herd immunity sudah terwujud, pihaknya menargetkan semua warga Jakarta menerima vaksin. Apalagi saat ini kelompok masyarakat yang punya gangguan autoimun sudah bisa divaksin dengan vaksin Moderna. 

Bagi warga yang belum divaksin, Ariza meminta untuk segera mendatangi sentra vaksinasi yang sudah disiapkan pemerintah. Masyarakat pun bisa dengan mudah mendaftar lewat aplikasi Jakarta Kini.

Data Dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta hingga Jumat (20/8/2021), total dosis vaksin yang telah disuntikkan mencapai 13.964.299.

Sebanyak 9.285.055 warga telah menerima satu dosis pertama dan 4.679.444 warga menerima dosis lengkap.

Untuk rincian sasaran vaksinasi, anak usia 12 hingga 17 tahun yang diberi vaksin dosis pertama mencapai 77,8 persen  dan untuk dosis kedua sebanyak 33,6 persen.

Sedangkan warga usia 18 hingga 59 tahun, dosis pertama sebanyak 109,9 persen dan vaksinasi dosis kedua sebanyak 52,3 persen.