Oase

Bikin Takjub! Chef Indonesia Bakal Tampil dalam Kompetisi Dunia di Prancis

Rabu, 1 September 2021 07:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© DailyMail
Bikin Takjub! Chef Indonesia Bakal Tampil dalam Kompetisi Dunia di Prancis (ilustrasi) Copyright: © DailyMail
Bikin Takjub! Chef Indonesia Bakal Tampil dalam Kompetisi Dunia di Prancis (ilustrasi)

INDOSPORT.COM – Pada akhir September mendatang, dua perwakilan Chef dari Indonesia akan tampil di kompetisi memasak tertinggi dunia bertajuk Bocuse d’Or di Lyon, Prancis.

Sebagai informasi, Bocuse d’Or merupakan salah satu kompetisi memasak antar chef berbagai negara di dunia yang diadakan setiap dua tahun sekali di Prancis.

Jika dianalogikan, kompetisi Bocuse d’Or setara dengan ajang Olimpiade atau Piala Dunia dalam dunia olahraga, sehingga chef dari negara manapun yang bisa memenangkan kompetisi ini akan mendapat prestise sangat tinggi.

Indonesia sendiri pernah menorehkan tinta manis di kompetisi ini, yakni dengan masuk dalam babak final pada tahun 2011 lalu.

Sementara untuk gelaran tahun ini, Indonesia diwakilkan oleh Chef Mandif Warokka dan Nugraha Lutfi, Commis dari restoran Blanco par Mandif di Ubud, Bali.

Selain diwakilkan oleh chef ternama Tanah Air, Tim Indonesia juga dilatih oleh Chef Chris Salans, ahli masak dan juga pemilik dari restoran fine dining Mozaic di Ubud Bali.

Serta Chef Gilles Marx, selaku Presiden dari Bocuse d’Or Indonesia dan pemilik dari restoran Amuz Gourmet di Jakarta.

Proses seleksi babak final Bocuse d’Or melalui beberapa tahap. Tahap pertama dilakukan secara nasional oleh negara-negara yang ingin berpartisipasi.

Tahap berikutnya adalah tahap regional seperti Eropa, Asia Pasifik dan Amerika, hingga dipilih yang terbaik untuk bertanding di babak final di Lyon, Prancis.

Penilaian pemenang berdasarkan berbagai faktor, antara lain rasa yang merepresentasikan identitas masing-masing peserta, tampilan makanan, kebersihan dapur, dan bobot sampah yang dihasilkan untuk suatu hidangan.

"Tema yang kita bawa 'Layers of Indonesia' atau secara konseptual yaitu Jatiluwih Bali, tetapi kita tahu lapisan (makanan) Indonesia yang kita bawa adalah rasa untuk membangun poin kejutan, tetapi tidak boleh dominan," ujar Mandif.

Dia mengaku, belum bisa memberi tahu makanan yang akan dimasak pada babak final Bocuse d’Or. Namun, rempah-rempah yang digunakan akan berasal dari Sumatera dan Bali.

Selain itu, pada gelaran Bocuse d’Or nanti dua chef Indonesia yang tampil akan mendapat tantangan berat dari tim panitia, yaitu mengolah bahan dari daging sapi, produk nabati, hingga tomat. Para peserta juga harus membuat masakan untuk dibungkus bawa pulang atau take away.

Baca berita asli di AkuratCo

Disclaimer: Artikel ini adalah kerja sama antara INDOSPORT dengan AkuratCo. Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.