Oase

Tangani Covid-19, Langkah Presiden Jokowi dan Kepala BIN Jadi Sorotan

Rabu, 1 September 2021 15:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Copyright: © Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

INDOSPORT.COM - Analis politik, Boni Hargens, menyoroti langkah Presiden Joko Widodo dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, dalam menangani pandemi Covid-19.

Menurutnya, apa yang dilakukan dua tokoh tersebut patut diapresiasi. Pasalnya, mereka turun langsung ke masyarakat untuk melakukan vaksinasi door to door.

"Di tengah pandemi yang mencekam, Presiden Jokowi dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan justru turun ke tengah masyarakat untuk melakukan program vaksinasi door to door," ujar Boni Hargens kepada media di Jakarta, Rabu (01/09/21).

Tidak hanya di Jakarta, kata Boni, BIN melakukan aksi sosial ini di hampir semua kota besar di Jawa dan akan diteruskan ke daerah-daerah lain di luar Jawa.

Menurut Boni, hal tersebut merupakan bukti komitmen moral dan political will yang kuat dan tulus dari Presiden Jokowi dan kepala BIN untuk menolong warga.

"Ketika banyak suara oposisi yang nyinyir terhadap pemerintah, BIN justru bekerja dalam senyap untuk menekan laju pemaparan Covid-19," tutur dia.

Boni menilai BIN benar-benar memberikan teladan pengabdian yang langka dan mahal. Ketika banyak elite politik sibuk mendiskusikan Pilpres 2024, kata Boni, Kepala BIN Budi Gunawan justru fokus bekerja meski harus bertarung dengan virus yang mematikan.

"Sosok Budi Gunawan adalah pribadi yang cerdas, tekun, dan pekerja keras. Dalam banyak hal, Pak BG mirip dengan kepribadian Presiden Jokowi yang mendahulukan kerja daripada berwacana," ungkap dia.

Karena itu, para politisi khususnya para pembantu presiden yang lain, kata Boni, harus meniru teladan Presiden Jokowi dan Kepala BIN Budi Gunawan yang jarang bicara tetapi banyak bekerja.

Menurut dia, banyak pemimpin dunia yang juga bekerja keras di tengah pandemi tetapi tidak banyak yang seperti Presiden Jokowi.

"Kanselir Jerman Angela Merkel juga fokus dan bekerja efektif melawan pandemi tetapi dia tidak banyak blusukan. Presiden AS Joe Biden juga begitu serius mengurus negaranya di tengah pandemi  tetapi Joe tidak sampai ke desa-desa menyapa rakyatnya yang terpapar Covid-19," jelas Boni.

Lebih lanjut, Boni mengatakan Presiden Jokowi tampil beda dalam kesederhanaannya. Jokowi, kata dia, dibantu oleh kerja efektif BIN dan institusi lain seperti TNI dan POLRI yang juga berjibaku siang malam untuk menangani pandemi.

Boni juga mengatakan bahwa masyarakat juga bisa melihat sendiri seperti apa dedikasi dari institusi-institusi negara ini di tengah situasi sulit yang dihadapi bangsa Indonesia.

Baca berita asli di AkuratCo