Oase

Pemerintah Pastikan Indonesia Telah Lewati Masa Puncak Kasus Covid-19

Selasa, 7 September 2021 08:19 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Garfis: Yanto/INDOSPORT
Ilustrasi Corona Copyright: © Garfis: Yanto/INDOSPORT
Ilustrasi Corona

INDOSPORT.COM – Indonesia dipastikan sudah melewati masa puncak kasus Covid-19 seiring adanya kepastian yang dikeluarkan pemerintah.

Keyakinan pemerintah ini ditandai dengan menurunnya kasus terkonfirmasi positif dan pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit serta angka kematian Covid-19.

"Kita sudah melewati masa puncak kasus konfirmasi, kasus perawatan di rumah sakit dan kematian di rumah sakit, untuk beberapa eskalasi beberapa waktu yang lalu," ujar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam konferensi pers secara virtual tadi malam, Senin (6/8/2021).

Kondisi berbeda, dikatakan Dante, terjadi di negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

"Di Malaysia masih terjadi terus eskalasi, di Filipina masih terus terjadi, di Vietnam masih terus terjadi sedangkan kita sudah mulai menurun," katanya.

Meski begitu Dante mengatakan situasi yang membaik ini tidak lantas membuat semua pihak terlena, namun harus menjadi awalan untuk melakukan penguatan terhadap ketahanan medis.

Dante menuturkan ketahanan medis sangat penting karena di beberapa negara peningkatan kasus kembali terjadi meski jumlah warga yang telah divaksin sudah tinggi.

"Di Amerika Serikat angka vaksinasi yang sudah sedemikian baik hingga 52 persen, Inggris 63 persen dan Israel 63 persen terjadi lagi kenaikan kasus. Ini disebabkan karena abai protokol kesehatan karena merasa sudah dilakukan vaksinasi," kata Dante.

Untuk itu Dante mengingatkan vaksinasi harus diikuti protokol kesehatan ketat agar kondisi kasus Covid-19 di Indonesia terus membaik.

"Jadi vaksinasi bukan satu-satunya game changer, tetapi merupakan salah satu komponen yang penting untuk dilakukan tetapi yang juga penting adalah protokol kesehatan masyarakat," demikian kata Dante Saksono Harbuwono.

Baca berita asli di AkuratCo

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.