Oase

Hari PMI, Puan Maharani Soroti Tragedi Gugurnya Nakes Gabriela Meilan

Sabtu, 18 September 2021 14:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INASGOC
Puan Maharani. Copyright: © INASGOC
Puan Maharani.

INDOSPORT.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani, pada hari Palang Merah Indonesia (PMI) ke-76, mengajak Indonesia berkabung untuk sosok Gabriela Meilan, tenaga kesehatan (nakes) yang gugur akibat aksi teroris KKB di Papua.

Menurut Puan, Gabriela Meilan adalah pejuang kemanusiaan, nilai utama yang juga dijunjung tinggi PMI dalam menjalankan aksinya di tengah masyakarat.

“Oleh karenanya, di Hari PMI ke-76 ini mari kita berkabung untuk mendiang Gabriela Melan, pejuang kemanusiaan yang gugur saat menjalankan tugas kemanusiaan di tanah Papua,” kata Puan memperingati Hari PMI ke-76 di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Puan mengatakan, nakes dan PMI yang berdiri 17 September 1945 adalah dua elemen milik bangsa yang memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

“Saat Bung Karno mendirikan PMI 76 tahun lalu, beliau ingin perhimpuan nasional ini berjuang dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan setiap tugasnya, tanpa membedakan kebangsaan, keagamaan, jenis kelamin, golongan atau aliran politik sekalipun,” kata Puan.

“Karenanya saya yakin seandainya teroris KKB tersebut membutuhkan pertolongan kesehatan dari Gabriela sekalipun, dia sebagai seorang nakes pasti akan menolongnya atas nama kemanusiaan,” sambungnya.

Puan mengaku sangat miris mendengar nasib yang dialami Gabriela Meilan. Ia adalah nakes perempuan yang sedang menjalankan tugas kemanusiaan, namun justru dilecehkan dan dianiaya sampai kehilangan nyawa.

Dalam situasi konflik apapun, kata Puan, para nakes bersama perempuan, anak dan jurnalis seharusnya adalah pihak yang tidak boleh menjadi sasaran kekerasan.

“Tapi Gabriela adalah seorang nakes dan juga seorang perempuan yang justru mendapat tindakan tidak manusiawi oleh teroris KKB, bahkan di saat dia menjalankan tugas-tugas kemanusiaannya. Ini kekerasan paling biadab!” kata Puan.

Agar tidak ada lagi korban kekerasan dari para nakes, Puan Maharani meminta pemerintah daerah setempat untuk menarik para pelayan kesehatan yang betugas di daerah rawan konflik ke tempat yang lebih aman.

Ia juga meminta aparat TNI untuk menumpas habis para teroris. Puan tidak ingin ada korban lain lagi yang mengalami nasib serupa Gabriela Meilan.

Baca berita asli di AkuratCo