Oase

Berobat Kanker Prostat, Seperti Ini Kondisi Terkini SBY di Amerika

Rabu, 10 November 2021 20:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Firman Hidayat/Anadolu Agency/Getty Images
Susilo Bambang Yudhoyono tengah berobat kanker prostat di Amerika Serikat. Copyright: © Firman Hidayat/Anadolu Agency/Getty Images
Susilo Bambang Yudhoyono tengah berobat kanker prostat di Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Kondisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menjalani pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat dikabarkan baik.

Hal ini diungkapkan langsung oleh putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat merespons putusan Mahkamah Agung yang menolak gugatan soal AD/ART Partai Demokrat

Suami Annisa Pohan tersebut mengatakan bahwa kondisi sang ayah stabil dan masih menunggu tindakan operasi oleh dokter.

"Alhamdulillah, Bapak SBY saat ini dalam kondisi yang stabil," kata AHY dalam video yang dikirimkan dari Amerika Serikat, Rabu (10/11/21).

Kata Agus Harimurti Yudhoyono, di Amerika Serikat, Susilo Bambang Yudhoyono menjalani pemeriksaan awal di Rumah Sakit Mayo Clinic. Pemeriksaan dilakukan sebelum SBY menjalani operasi.

Sebelumnya, kabar SBY sakit disampaikan Staf pribadi Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ossy Dermawan. Ossy membenarkan bahwa SBY didiagnosa menderita kanker prostat.

"Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat," kata Ossy, Selasa (02/11/2021).

Ossy mengatakan, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih stadium awal. Hal ini berdasarkan pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI), biopsi, dan Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan.

"Benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri," ujarnya kala itu.

Ossy mengungkapkan, tim dokter menyatakan semua opsi untuk kesembuhan SBY terbuka dan akan berobat ke luar negeri.

"Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY," terangnya.

Setelah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskanlah medical treatment di sebuah rumah sakit di luar negeri yang punya pengalaman panjang dan teknologi maju dalam menangani kanker prostat.

SBY pun diketahui sudah menghubungi Presiden Jokowi untuk menyampaikan rencananya berobat ke luar negeri.

Baca berita asli di Akurat.co