AkuratCo

Jelang Reuni 212, Polri Siapkan Ancang-ancang Pengamanan

Kamis, 25 November 2021 13:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© pinterpolitik
Ilustrasi - Polri telah menyiapkan skema pengamanan untuk acara reuni 212 bulan Desember ini. Copyright: © pinterpolitik
Ilustrasi - Polri telah menyiapkan skema pengamanan untuk acara reuni 212 bulan Desember ini.

INDOSPORT.COM - Polri telah menyiapkan skema pengamanan untuk acara reuni 212 yang bakal digelar di Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, 2 Desember 2021.

Karena diprediksi akan mengundang jumlah massa yang besar, polisi sebagai garda terdepan untuk urusan keamanan pun harus menyiapkan banyak hal, dalam hal ini adalah tugas dan ranah Polda Metro Jaya.

“Langsung Polda Metro sudah mengantisipasi kegiatan tersebut,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (25/11/21).

Dedi menyatakan, kepolisian di tingkat Markas Besar (Mabes) juga akan melakukan pemantauan perkembangan dari penanganan aksi massa tersebut.

Namun demikian, ia belum dapat merincikan lebih lanjut mengenai teknis pengamanan kewilayahan saat pelaksanaan reuni 212 digelar. Dedi meminta agar hal tersebut ditanyakan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Di lain sisi, ia pun mengingatkan agar pelaksanaan aksi-aksi massa selama masa pandemi Covid-19 tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tetap menjaga keamanan selama kegiatan digelar.

“Untuk masyarakat harus menerapkan prokes khususnya menggunakan masker dan tetap bersama menjaga sitkamtibmas (situasi keamanan dan ketertiban masyarakat) Jakarta,” pungkasnya.

Sebagai informasi, panitia reuni aksi 212, Eka Jaya, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut akan dilakukan dengan format aksi massa.

Mereka menganggap kegiatan itu dimungkinkan karena DKI Jakarta sudah memasuki level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam mencegah virus corona (Covid-19).

Hanya saja, ia sendiri belum bisa merinci atau mengestimasi seberapa banyak massa yang akan hadir. Namun jika harus memprediksi, kemungkinan bakal ada jutaan orang yang berpartisipasi.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo