AkuratCo

Kemenkes Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron, Sudah Masuk Indonesia

Kamis, 16 Desember 2021 17:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Freepik/Amanda/INDOSPORT
Kasus pertama virus corona varian omicron baru saja ditemukan di Indonesia, yakni di Jakarta. Copyright: © Freepik/Amanda/INDOSPORT
Kasus pertama virus corona varian omicron baru saja ditemukan di Indonesia, yakni di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Kasus pertama virus corona varian omicron baru saja ditemukan di Indonesia, yakni di Jakarta.

Menurut keterangan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, carrier virus tersebut adalah petugas kebersihan di Wisma Atlet, Kemayoran. Saat ini, yang bersangkutan tengah menjalani karantina.

"Kemenkes tadi malam telah mendeteksi ada seorang pasien berinisial N terkonfirmasi omicron pada tanggal 15 Desember 2021. Pasien N ini adalah pekerja pembersih di RS Wisma Atlet," katanya dalam konferensi pers, Kamis (16/12/21).

Dia mengungkapkan, pada 8 Desember 2021, ada tiga sampel hasil tes PCR petugas kebersihan di Wisma Atlet yang diuji di Balitbang Kemenkes.

Dari tiga sampel itu, hanya satu pekerja berinisial N yang terkonfirmasi terpapar varian omicron, sementara dua pekerja lainnya terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pada tanggal 8 Desember, sampelnya diambil secara rutin oleh tim dari Wisma Atlet kemudian dikirimkan ke kami di Balitbang Kemenkes untuk diuji genome sequencing-nya,

“Kami terima tanggal 10 Desember dan kami lihat ada tiga pekerja pembersih yang positif PCR-nya. Tapi yang terkonfirmasi positif omicron satu orang. Yang duanya tidak," katanya.

Dia menjelaskan, dari hasil pemeriksaan petugas, ketiga orang tersebut tak mengalami gejala apa pun. Secara fisik, ketiganya juga bugar dan sehat seperti hari-hari sebelumnya.

Kini, kata Menkes, ketiga petugas kebersihan itu menjalani karantina sambil terus diuji sampel hasil PCR-nya.

"Ketiga orang ini tanpa gejala, masih sehat, tidak ada demam, tidak ada batuk-batuk," tambahnya lagi.

Penemuan kasus ini pun otomatis menjadi pengingat bagi masyarakat bahwa virus corona varian omicron sudah masuk ke Indonesia dan wajib diwaspadai.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo