AkuratCo

4 Fakta Kebakaran RSUP Dr. Kariadi Semarang, Terjadi Saat Hujan

Jumat, 31 Desember 2021 16:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Barcroft Images
Ilustrasi kebakaran. Copyright: © Barcroft Images
Ilustrasi kebakaran.

INDOSPORT.COM - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang mengalami kebakaran pada Kamis (30/12/21) malam.

Sebelumnya, warga sekitar sudah meliahat adanya kepulan asap sekitar pukul 18.40 WIB. Setelah itu, terdengar suara ledakan dan terlihat api membesar dari area Gedung Kasuari.

Berikut, sejumlah fakta tentang kebakaran yang terjadi di RSUP Dr. Kariadi Semarang, yang telah dihimpun dari beberapa sumber.

Tak Ada Korban Jiwa

Setidaknya terdapat kurang lebih 50 pasien di Gedung Kasuari dilaporkan selamat. Hal tersebut pun turut disampaikan Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, Farichah Hanum.

"Semua sudah mendapat ruangan sebagaimana mestinya, kami harus memberikan pelayanan terbaik," ujarnya.

Perawat dan petugas medis lainnya juga ikut membantu mengevakuasi seluruh pasien yang ke Gedung Garuda. Bantuan lain juga datang dari para personel Polrestabes Semarang.

Kebakaran Terjadi Saat Hujan

Kebakaran yang melanda RSUP Dr. Kariadi terjadi sore menjelang malam. Saat itu Kota Semarang sedang dilanda hujan yang cukup deras.

Api juga cepat padam setelah pihak Damkar mengerahkan personelnya. Farichah Hanum menyatakan bahwa kebakaran sudah terjadi sejak sore sekitar pukul 16.15 WIB.

Api dari Ruang MRI

Kepulan asap bermula dari ruang MRI (Magnetic Resonance Imaging), yang bersebelahan dengan Gedung Kasuari. Asap pun menjalar masuk ke ruang pasien dan cepat membumbung ke atas.

"Kebakaran di ruang MRI Instalasi Onkologi," ujar Farichah.

Farichah pun mengatakan masih menunggu pemeriksaan dari pihak kepolisian untuk mengetahui penyebab sebenarnya kebakaran.

Namun sempat dikabarkan apabila  dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran adalah adanya hubungan arus pendek listrik.

Pelayanan Tetap Berjalan

Meski sempat membuat panik, peristiwa kebakaran tersebut tidak mengganggu jalannya operasional pelayanan di rumah sakit.

"Pelayanan tidak terlalu tergangu karena pasien di sekitar lokasi sudah dievakuasi," terang Farichah.

Disebutkan juga bahwa pagi tadi pelayanan di RSUP Dr. Kariadi sudah berjalan normal sebagaimana mestinya.

Demikianlah sejumlah fakta tentang RSUP Dr. Kariadi di Semarang yang mengalami kebakaran.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo