Komunitas Sehat

Komunitas Parkour Jakarta, Kumpulan Pencinta Olahraga Ekstrem yang Andalkan Kekuatan Kaki

Senin, 6 Februari 2023 17:52 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Komunitas Parkour Jakarta
Komunitas Parkour Jakarta merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang mengandalkan keseimbangan dan kekuatan kaki. (Foto: Komunitas Parkour Jakarta) Copyright: © Komunitas Parkour Jakarta
Komunitas Parkour Jakarta merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang mengandalkan keseimbangan dan kekuatan kaki. (Foto: Komunitas Parkour Jakarta)

INDOSPORT.COM – Komunitas Parkour Jakarta merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang mengandalkan keseimbangan dan kekuatan kaki.

Olahraga asal Prancis ini rupanya cukup banyak diminati di Indonesia, terutama di wilayah ibu kota Jakarta.

Hal tersebut salah satunya terbukti dari hadirnya Komunitas Parkour Jakarta yang menjadi wadah para La traceur (sebutan untuk atlet parkour).

Komunitas ini sejatinya merupakan bagian dari Parkour Indonesia yang di mana terdiri dari beberapa regional lainnya seperti Malang dan Jogja.

“Jadi komunitas Parkour Indonesia ini kan terbentuknya sekitar tahun 2007, di mana waktu itu beberapa orang tergabung dalam forum international,” jelas Ramdani, Ketua Komunitas Parkour Jakarta saat dihubungi awak INDOSPORT, Minggu (05/02/23).

“Kemudian salah satunya menanyakan, apakah ada yang berasal dari Indonesia, terus ternyata ada, yaudah akhirnya mereka bertemu lalu terbentuklah Parkour Indonesia sebagai wadahlah ya,” katanya.

Komunitas Parkour Jakarta memiliki jadwal latihan rutin setiap hari Minggu pukul 08:00 WIB pagi di bilangan Taman Puring, Jakarta Selatan.

Kemudian, dikatakan Ramdani bahwa komunitas Parkour Jakarta juga memiliki sesi latihan tambahan yaitu setiap hari Jumat malam di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan.