In-depth

Menerka 'Menpora Muda' yang Dijanjikan Presiden Jokowi, Apakah Sosok Ini?

Selasa, 21 Maret 2023 13:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo berjanji untuk memberikan jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada sosok muda, selepas mundurnya Zainudin Amali. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo berjanji untuk memberikan jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada sosok muda, selepas mundurnya Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Presiden Joko Widodo berjanji untuk memberikan jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada sosok muda, selepas mundurnya Zainudin Amali.

Sebagaimana diketahui, politisi senior Partai Golkar, Zainudin Amali memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Menpora, selepas terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI.

Zainudin Amali mengaku ingin fokus mendampingi Erick Thohir, yang terpilih menjadi ketua umum PSSI 2023-2027, dalam kongres luar biasa PSSI, Februari lalu.

Zainudin Amali juga sudah mengirimkan surat permohonan pengunduran diri, dan telah diterima oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara mengisi kekosongan jabatan, Jokowi menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Plt. Menpora, sembari ia mencari kandidat terbaik untuk mengganti Amali.

Belakangan, Jokowi mengumbar janji jika sosok Menpora nantinya akan datang dari kalangan anak muda, bukan dari golongan politisi senior yang selama ini menjabat.

"Tanya Pak Ketua Golkar saja. (Kriterianya) muda," ungkap Jokowi setelah menghadiri acara penghargaan penanganan Covid-19 di Kemenkeu, Jakarta, Senin (20/03/23).

Presiden yang datang dari Partai PDI Perjuangan itu juga menuturkan jika ia telah mengantongi sejumlah nama calon Menpora muda, yang diusulkan oleh Partai Golkar.

Namun, sampai kini ia belum memutuskan siapa yang akan dipilih sebagai Menpora, untuk menggantikan Zainudin Amali.

"Belum diputuskan, belum saya putuskan," tukas Joko Widodo kepada awak media.