Swiss Open 2014

Federer Melaju, Nadal Terjungkal

Sabtu, 25 Oktober 2014 07:36 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Unggulan utama Swiss Open 2014, Rafael Nadal, masih belum terbendung, setelah pada Sabtu (25/10/14) dini hari WIB melibas unggulan kelima dari Rusia, Grigor Dimitrov, 7-6 (4), 6-2. Federer pun berhak atas tiket semifinal.

Federer yang pada turnamen yang sama tahun lalu juga mengalahkan Dimitrov pada babak perempatfinal, selamat dari empat set point yang dibukukan lawan pada set pertama. Dia pun akhirnya akhirnya menang tie-break 7-4 dan mengambil set pertama dengan skor 7-6.

"Kami berdua memainkan level permainan tinggi. Pertandingan yang ketat pada akhir set pertama dan saya senang dapat lolos. Penampilan yang bagus dan saya telah bermain dalam level terbaik pada pekan ini, jadi saya sangat gembira," urai Federer seusai pertandingan, di laman Yahoo Sports.

Federer akan menghadapi Ivo Karlovic pada babak empat besar. Petenis Kroasia unggulan kedelapan itu berhak melangkah ke semifinal, setelah melibas Benjamin Becker 6-4, 6-4.

Di lain pertandingan, unggulan kedua, Rafael Nadal, harus mengakhiri kiprah di Swiss Open 2014, setelah dipermalukan petenis remaja Kroasia, Borna Coric, 6-2, 7-6 (4).

"Semua pertandingan dalam turnamen ini sangat menyulitkan. Setiap hari saya merasa bertambah lelah, saya berusaha terus berlatih, mencoba fit tapi itu tak mungkin," keluh Nadal. "Empat, lima bulan terakhir sangat berat buat saya. Sulit bermain dan berkompetisi (dengan baik)."

Nadal tengah menderita radang usus buntu. Dia akan masuk kamar operasi pada 03 November 2014. Problem itu dia derita sejak sepekan lalu di Shanghai, China.

Nadal pun bersiap absen panjang pada akhir tahun dan melewatkan dua turnamen penutup, Paris Masters dan ATP Finals di London.

Sementara sang semifinalis berusia 17 tahun, Coric, tak bisa menyembunyikan kegembiraan setelah mengalahkan petenis top Spanyol.

"Rasanya luar biasa. Saya bangga terhadap pencapaian ini dan saya berharap bisa menjaga permainan besok (Sabtu waktu setempat)," sebut Coric.

"Memang ada tekanan tapi saya bermain tanpa beban, karena kalaupun kalah saya takluk dari (mantan) petenis nomor satu dunia. Saya tak pernah bermain melawan dia (Nadal), jadi saya tak pernah tahu apa yang akan terjadi, apakah dia akan mengalahkan saya atau tidak," urai Coric lagi.

Coric yang berposisi sebagai petenis peringkat 124 dunia, akan menghadapi David Goffin pada babak semifinal. Wakil Belgia itu mengalahkan unggulan keempat asal Kanada, Milos Raonic, 6-7 (3), 6-3, 6-4.

1