Petenis India Sania Mirza Raih Peringkat 1 Dunia

Selasa, 14 April 2015 04:30 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-ZIMBIO
 Copyright: © GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-ZIMBIO

Prestasi petenis putri India, Sania Mirza, ini diraih setelah dirinya berhasil menjuarai Family Circle Cup bersama pasangannya, Martina Hingis. Pasangan ini mengalahkan Daria Jurak/Casey Dellacqua 6-0, 6-4.

Sebelumnya, Mirza/Hingis juga mengangkat trofi di ajang Indian Wells dan Miami Open. 

"Wanita jarang mengukir sejarah," ucap Sania seperti dilansir Sports Illustrated.

"Menjadi petenis peringkat satu dunia pasti menjadi impian semua orang. Saya merasa terhormat berada di posisi ini, seperti yang saya cita-citakan sepanjang hidup saya," katanya.

Namun demikian, sudah pasti prestasi ini tak diraihnya dengan mudah. Apalagi tanah kelahirannya selain kurang memiliki tradisi kuat dalam olahraga ini, juga tak memandang lazim wanita berolahraga, apalagi menjadikannya sebagai karir. 

Selain itu, dia juga berpendapat bahwa dunia belum memberi tempat yang layak bagi wanita dalah hal olahraga. Karenanya dengan prestasi ini, dia membuktikan bahwa wanita pun dapat mengukir prestasi seperti yang dapat dilakukan seorang pria.

"Sebagai seorang wanita, kamu harus yakin bahwa kamu kuat dan tidak lemah," katanya. "Segala sesuatu tak mustahil diraih jika kamu fokus, mau berkorban, dan bekerja keras meraihnya. Tidak ada yang tidak mungkin, darimanapun kamu berasal," kata Mirza. 

Sebelum fokus di nomor ganda, Sania juga sempat berprestasi di nomor tunggal dengan meraih gelar juara turnamen WTA pada 2005 di Hyderabad, India. Mirza bahkan lolos ke babak keempat AS Terbuka dan mampu masuk 30 besar dunia pada 2007. 

Namun dia memutuskan untuk beralih ke nomor ganda setelah mengalami cedera yang membuat prestasinya merosot tajam. Kerja kerasnya di nomor ganda berbuah manis setelah WTA mendapuknya di peringkat 1 dunia kategori ganda pada Senin kemarin. Sebelum Mirza, ada tiga pemain putri Asia yang masuk dalam peringkat atas WTA, yaitu Ai Sugiyama (Jepang), Peng Shuai (Tiongkok), dan Hsieh Su-wei (Taiwan).

Tak heran jika prestasi ini membuatnya kebanjiran ucapan selamat. Perdana Menteri India, Narendra Modi juga menyampaikan rasa suka citanya pada petenis berusia 28 tahun ini. "Sebuah prestasi yang luar biasa dari Sania Mirza. Selamat karena meraih peringkat 1 di nomor ganda," kata Modi.

Di akun twitternya, Mirza juga kebanjiran ucapan selamat dari para pemain tenis dunia.