6 Fakta Pelatih Kepala Bulutangkis China, Li Yongbo

Sabtu, 2 Januari 2016 20:43 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Ibarat Rexy Mainaky di Indonesia, Li Yongbo adalah orang terdepan yang dipercayai untuk membawa atlet-atlet bulutangkis di China menjadi seorang juara. Mempunyai karakter angkuh dan kontroversial, Yongbo memiliki kekuasaan tak terbatas di Chinese Badminton Association atau PBSI-nya China.

Sebagai pelatih kepala, ia memiliki otoritas penuh untuk mengendalikan tim bulutangkis China. Mempunyai leadership yang begitu kuat, kabarnya tidak ada pemain China yang berani membangkang atas segala keputusan yang dibuat olehnya, termasuk pemain sekelas, Lin Dan. Namun diluar itu, ia begitu dihormati karena merupakan motivator ulung yang tak hanya tahu kekurangan dan kelebihan pemainnya, tapi mampu mengenal permainan dan kelemahan lawan saat mendampingi para anak asuhnya bertanding.

Li Yongbo disebut-sebut sebagai seorang pelatih yang ambisius. Dia diketahui tak segan-segan memarahi atau mengkritik pedas para pemainnya yang berpenampilan buruk. Baginya, para pemain China harus menjadi pemenang disetiap pertandingan.

Keberhasilan China menyapu bersih medali emas di Olimpiade 2012 lalu juga bisa dikatakan andil besar dari Li Yongbo. Mulai Strategi liciknya 'main mata' antar pemain China jelang Olimpiade bergulir, skandal ganda putri hingga pada akhirnya China sukses menggondol semua emas di semua nomer dikemas oleh Li Yongbo dengan sangat sempurna.

Berikut INDOSPORT sajikan 6 fakta menarik tentang Li Yongbo:

18