5 Pelatih Bulutangkis yang Sukses Meraih Medali Emas Olimpiade

Minggu, 17 Juli 2016 21:55 WIB
Penulis: Herry Ibrahim | Editor: Randy Prasatya
 Copyright:

Sejak diperlombakan pertama kali di ajang Olimpiade Barcelona 1992, cabang bulutangkis Indonesia selalu berhasil menyumbang medali emas.

Di awali Susi Santi dan Alan Budikusuma, tradisi emas selalu berhasil dipertahankan hingga tahun 2008 oleh Hendra Setiawan/Markis Kido. Sayang, tradisi tersebut sempat terhenti pada Olimpiade 2012 seiring penurunan prestasi cabang tepok bulu.

Keberhasilan-keberhasilan itu juga didasari jerih payah para pelatih. Atas polesan tangan dingin mereka, untuk mencapai prestasi tertinggi terasa lebih mudah. Nama-nama seperti Christian Hadinata, Herry Iman Pierngadi merupakan sosok yang begitu penting atas kesuksesan para atlet meraih medali emas dalam sejarah bulutangkis Indonesia di Olimpiade.

Kini tradisi membawa medali emas ke Tanah Air kembali dibebankan seiring target dua emas kepada cabang bulutangkis. Segenap elemen mengharapkan Indonesia Raya bisa berkumandang di Brasil nanti.

Meski sudah ada beberapa pelatih yang tidak eksis lagi, di Olimpiade 2016 masih terdapat pelatih atau mantan pemain yang terlibat untuk membantu menyukseskan Hendra Setiawan dkk dari balik layar.

Maka dari itu, pengalaman dan wejangan dari mereka diharapkan bisa membantu para atlet untuk meraih medali emas dan mengibarkan bendera Merah putih di Brasil nanti.

Berikut INDOSPORT perkenalkan pelatih-pelatih hebat bulutangkis yang berhasil mengantarkan atletnya meraih medali emas di Olimpiade:

128