Australia Terbuka 2017

Roger Federer Rengkuh Gelar ke-5 di Australia

Minggu, 29 Januari 2017 19:50 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Clive Brunskill/Getty Images
Roger Federer meraih gelar juara Australia Terbuka 2017 setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak final. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Roger Federer meraih gelar juara Australia Terbuka 2017 setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak final.

Roger Federer berhasil memenangkan laga klasik melawan Rafael Nadal dengan skor  6-4, 3-6, 6-1, 3-6, dan 6-3 di final Australia Terbuka 2017. Dengan kemenangan ini, Federer mengangkat trofi ke-5 di ajang ini.

Kemenangan ini juga memberi petenis asal Swiss tersebut gelar ke-18 di turnamen Grand Slam. Ia juga menambah satu kemenangan dalam 9 pertemuan di final Grand Slam melawan Nadal. Sepanjang sejarah pertemuan kedua mantan raja tenis dunia tersebut, Nadal lebih unggul dengan mengoleksi 6 kemenangan.

Jalannya pertandingan:

Rafael Nadal yang membuka laga dengan melakukan servis perdana, berhasil mengamankan poin pertama setelah forehand tak sempurna yang dilakukan Federer. 

Pada game ke-7, Federer mencapai break saat melakukan pukulan forehand voli dalam membalas pukulan membabi buta yang dilakukan Nadal. Kedudukan 4-3 untuk keunggulan Federer.


Roger Federer.

Nadal sempat kembali mencuri poin pada game 9,  namun Federer menuntaskan game pertama untuk keunggulannya dengan skor 6-4, setelah mengirimkan bola yang mengecoh Nadal sehingga melakukan error.

Pada set kedua, Federer justru tenggelam dalam permainan Nadal. Pembalap asal Spanyol itu dengan cepat mencapai break point dan mempertahankannya hingga double break.

Namun pada game ke-5, Federer berhasil comeback dengan forehand yang tak mampu dibendung Federer. Hanya saja, petenis asal Swiss tersebut hanya berhasil memperpanjangnya hingga game ke-6. Nadal kembali menguasai pertandingan menjadi miliknya. Nadal unggul pada set kedua dengan skor 3-6.

Rafael Nadal.

Pada set ketiga, giliran Federer yang menguasai pertandingan. Ia menutup pertandingan set ketiga dengan keunggulan 6-1.

Set keempat masih menjadi milik Nadal. Ia tampil begitu prima dengan terus mendikte permainan. Namun setelah unggul 1-4, sempat mengejar hingga kedudukan 3-5. Namun Nadal berhasil mengamankan game 9 dan menutupnya dengan keunggulan 3-6. 

Federer yang tampil tak se-powerful Nadal, tampaknya mengalami masalah di set ini. Ia sempat menepi ke pinggir lapangan mendapatkan pemeriksaan dari tim medis.


Roger Federer mengangkat trofi juara Australia Terbuka setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak final.

Setelah tertinggal di dua game perdana set kelima, Federer mengamankan game ketiga. Ia bahkan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan membalik keadaan di poin 4-3.

Menyaksikan permainan Nadal sebelumnya, comeback Federer sedikit mengejutkan. Namun Federer akhirnya benar-benar mengamankan poin penentu menjadi 6-3, sekaligus mengklaim kemenangan. 

55