Indian Wells 2017

Duel Rusia di Final Indian Wells 2017

Sabtu, 18 Maret 2017 15:39 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© BNP Paribas Open
Elena Vesnina (kiri) dan Svetlana Kuznetsova. Copyright: © BNP Paribas Open
Elena Vesnina (kiri) dan Svetlana Kuznetsova.

Babak semifinal Indian Wells 2017 sektor tunggal putri telah usai digelar. Kemenangan Elena Vesnina memastikan terciptanya duel antar sesama petenis Rusia. Petenis 30 tahun ini menundukkan pemain Prancis, Kristina Mladenovic dalam dua set saja.

Berlokasi di Indian Wells Tennis Garden, Vesnina membutuhkan waktu 1 jam 42 menit untuk mengatasi perlawanan Mladenovic. Petenis peringkat 15 dunia itu menyudahi pertandingan dengan skor 6-3 dan 6-4. Ini merupakan pencapaian final terbaiknya selama berkarier di WTA.

"Akhir laga berjalan ketat karena Kristina mulai bermain dengan bebas. Ia mulai bermain menekan. Sangat berat bermain seperti tadi di seluruh pertandingan, jadi saya berusaha bermain tenang. Saya mencoba fokus di setiap poinnya," ujar pemain kelahiran Ukraina ini.

Vesnina harus bersusah payah dalam meniti pertandingan demi pertandingan di Indian Wells. Ia mengalahkan petenis nomor dua dunia, Angelique Kerber di babak 16 besar. Ia juga harus menghadapi Venus Williams di perempatfinal dalam laga yang berakhir tiga set.

Menghadapi Vesnina, ada petenis kebangsaan Rusia lainnya, Svetlana Kuznetsova. Petenis 31 tahun ini mengalahkan petenis nomor tiga dunia, Karolina Pliskova. Dalam laga yang nyaris berlangsung dua jam itu, Kuznetsova menutup laga dengan kemenangan 7-6(5) dan 7-6(2).

"Kami sudah menjadi rekan tanding sejak berusia 12 tahun. Hebat sekali terjadi all-Russian final. Saya senang untuk Vesnina. Saya sudah menantikan permainan hebat dan semoga yang terbaik menang," tuturnya terkait lawannya di final.

Ini merupakan final ketiga Kuznetsova di Indian Wells. Sebelumnya, ia back-to-back mencapai final di 2007 dan 2008. Namun saat itu ia takluk dari Daniela Hantuchová dan Ana Ivanovic.