Monte Carlo Masters 2017

Main di Rumah Sendiri, Djokovic Siap Lakoni Karier Tenis yang Baru

Selasa, 18 April 2017 16:40 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sky Sports
Petenis Serbia, Novak Djokovic. Copyright: © Sky Sports
Petenis Serbia, Novak Djokovic.

Novak Djokovic akan siap mulai berkompetisi lagi usai pulih dari cedera siku. Pertandingan pertama pemain Serbia ini akan dilakoni di turnamen Monte Carlo Rolex Masters. Bermain di rumahnya sendiri, ia merasa sangat bersemangat. Petenis nomor dua dunia ini menyatakan siap memulai karier baru di dunia tenis.

"Sangat menyenangkan berada di tempat di mana saya menghabiskan waktu saat tidak melakukan tur ATP. Saya berlatih dan punya rumah di sini. Minggu ini saya bisa tidur di ranjang sendiri dan saya bisa bersama orang-orang yang saya kasihi," tuturnya seperti dikutip Tennis World USA.

"Tentu saja tiga bulan di awal tahun ini tidak berjalan sesuai keinginan saya. Saya tak dapat hasil seperti saya dulu di tujuh atau delapan tahun yang lalu, tapi saya sadar, sebagai seorang atlet, wajar ada momen naik dan turun. Saya yakin dengan diri saya dan kemampuan sendiri, dan hasilnya akan muncul sekarang atau nanti. Kini saya fokus di Monte Carlo dan semoga ini tempat yang tepat untuk memulai perjalanan tenis yang baru," lanjutnya.

© Reuters
Novak Djokovic saat membawa Serbia unggul atas Spanyol di perempatfinal Piala Davis 2017. Copyright: ReutersNovak Djokovic saat membawa Serbia unggul atas Spanyol di perempatfinal Piala Davis 2017.

Djokovic pun bertekad tak ingin cedera lagi supaya tak dipandang lemah oleh lawan. Ia menyebutkan pemain yang terus-terusan kalah akan dipandang remeh, seperti yang juga pernah terjadi pada petenis top dunia, Roger Federer dan Rafael Nadal.

"Saat Anda mulai kalah, petenis lain akan memandang Anda sebagai pemain yang mudah diserang, dan itu terjadi pada Federer dan Nadal dan Anda harus menanganinya. Saya rasa mempersiapkan Olimpiade dan Wimbledon tahun lalu dibanding beristirahat, telah merusak keseimbangan saya. Namun yang terpenting adalah saya mundur sejenak dan melihat apa yang tak beres. Langkah pertama untuk memperbaiki diri adalah mengetahui solusinya," pungkas pemain 29 tahun ini.