Kejuaraan Dunia 2017

Kevin/Marcus dan Owi/Butet Jadi Unggulan 3 di Kejuaraan Dunia 2017

Kamis, 10 Agustus 2017 14:43 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Tim Merah Putih yang bermaterikan tujuh pebulutangkis terbaik akan berjuang di Kejuaraan Dunia 2017 yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia, 21-27 Agustus mendatang.

Dari ketujuh pemain tersebut, empat di antaranya masuk ke dalam 10 besar pemain unggulan. Ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, tercatat sebagai unggulan ketiga, setelah Li Junhui/Liu Yuchen dan Mathias Boe/Carsten Mogensen. Sementara Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi akan turun sebagai unggulan kesembilan.

© Humas PBSI
Angga Pratama dan Ricky Karanda Suwardi (Australia Open Super Series 2017) Copyright: Humas PBSIAngga Pratama dan Ricky Karanda Suwardi (Australia Open Super Series 2017).

Di sektor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga menjadi unggulan ketiga. Dua unggulan teratas dihuni para wakil China, yakni Zheng Siwei/Chen Qingchen dan Lu Kai/Huang Yaqiong. Satu wakil Merah Putih lainnya, Praveen Jordan/Debby Susanto, berada di unggulan ketujuh. 

Keempat pasangan Indonesia yang masuk dalam daftar pemain unggulan tersebut tak perlu mengeluarkan keringat di babak pertama karena mendapat bye.

Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi wakil Polandia, Mateusz Dubowski. Sementara Tommy Sugiarto akan menantang pemain asal Hongkong, Hu Yun. Tommy memegang empat rekor kemenangan dari lima pertemuan sebelumnya dengan Hu Yun.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat akan mendapatkan bonus. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Indonesia tak mengirimkan skuat dengan kekuatan penuh ke Kejuaraan Dunia 2017 karena sebagian diturunkan ke ajang SEA Games 2017 yang berlangsung bersamaan. 

“Untuk tunggal putri dan ganda putri kami tidak kirim. Karena kansnya agak kecil. Kalau untuk mengejar jam terbang, kayanya jangan ke Kejuaraan Dunia. Kami melihat lebih kepada standar dan kualitas pemain kita sendiri. Mending kita perkuat aja di SEA Games. Kami harapkan ini bisa menambah medali juga untuk Indonesia,” tutur Kabidbinpres PBSI, Susy Susanti, usai merilis nama pemain ke Kejuaraan Dunia, Juni lalu.

© HUMAS PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon dan Anthony Sinisuka Ginting. Copyright: HUMAS PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo, Anthony Sinisuka Ginting, dan Marcus Fernaldi Gideon.

Berikut Susunan Pemain Indonesia untuk Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2017:

Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto.

Ganda putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro.

Ganda campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto.