Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017

Mengejutkan, Ahsan/Rian Tumbangkan Ranking 1 Dunia

Rabu, 23 Agustus 2017 22:44 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro. Copyright: © Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro.

Ganda putra unggulan pertama di Kejuaraan Dunia 2017, Li Junhui/Liu Yuchen, secara mengejutkan tumbang di babak kedua, Rabu (23/08/17). Mereka takluk dari pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dalam pertarungan tiga set.

Berlaga di Glasgow, Skotlandia, Ahsan/Rian cukup mampu mengimbangi permainan pasangan yang bertubuh jangkung tersebut. Namun di set pembuka, wakil Indonesia hanya mampu menyamakan kedudukan di poin 10-10.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTLi Junhui/Liu Yuchen.

Selebihnya, pasangan China terus unggul meski ditempel ketat Ahsan/Rian. Set satu pun direbut Li/Liu dengan kemenangan tipis, 21-19.

Memasuki set kedua, Ahsan/Rian mulai memberikan perlawanan ketat dan saling mengejar angka pun tak terhindari. Namun sejak wakil Merah Putih memimpin di angka 6-3, Li/Liu tak mampu lagi mengambil alih kendali permainan. Ahsan/Rian pun sukses memaksa permainan berlanjut ke set ketiga, dengan unggul 21-18 di set kedua.

© HUMAS PBSI
Pasangan Mohammad Ahsan dan Rian Agung Saputro brusaha mengembalikan shuttlecock. Copyright: HUMAS PBSIPasangan Mohammad Ahsan dan Rian Agung Saputro berusaha mengembalikan shuttlecock.

Di set ketiga, kedua pasangan saling menghujamkan serangan dan saling mengejar angka. Pertarungan terus berjalan ketat hingga poin 16-16. Namun berkat konsistensi, Ahsan/Rian mampu merebut kemenangan dengan total skor 19-21, 21-18, dam 21-18.

Li/Liu pun menyusul jejak mengejutkan Lee Chong Wei sebagai pemain unggulan yang tersingkir di babak-babak awal Kejuaraan Dunia 2017.

Ahsan/Rian Mathias di babak ketiga akan menantang pasangan unggulan 16 asal Denmark, Mathias Christiansen/David Daugaard. Ini akan menjadi pertemuan perdana kedua pasangan tersebut. 

2