Japan Open Super Series 2017

Kevin/Marcus Dekati Rekor Indonesia di Super Series

Sabtu, 23 September 2017 17:51 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© HUMAS PBSI
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo lolos ke final Japan Open Super Series 2017. Copyright: © HUMAS PBSI
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo lolos ke final Japan Open Super Series 2017.

Kevin/Marcus sukses menapaki babak final Japan Open Super Series 2017 yang akan berlangsung besok, Minggu (24/09/17). Ganda putra peringkat dua dunia ini sudah ditunggu wakil tuan rumah, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Kevin/Marcus unggul dalam rekor pertemuan 2-0 dan keduanya dimenangkan dalam dua set saja.

Jika memenangkan partai puncak tersebut, Kevin/Marcus akan meraih gelar Super Series keempat mereka di tahun ini. Sebelumnya, mereka sudah hattrick gelar di ajang All England, India Open, dan Malaysia Open. Sementara laga besok akan menjadi partai final Super Series kelima mereka di tahun ini, setelah berakhir jadi runner up di Korea Open 2017 pekan lalu.

© PBSI
Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi. Copyright: PBSIKevin Sanjaya/Marcus Fernaldi di podium Korea Open Super Series 2017.

Jika gelar keempat bisa diraih besok, Kevin/Marcus akan mendekati rekor gelar Super Series terbanyak dalam satu tahun yang dipegang oleh ganda putra Tanah Air.

Rekor ini masih dipegang oleh Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang sukses merengkuh lima gelar Super Series pada 2013 silam. Pasangan yang sudah berpisah ini tercatat menang di Malaysia Open, Indonesia Open, Singapore Open, Japan Open, dan bahkan Super Series Masters Finals di Malaysia.

Selain bersama Ahsan, Hendra juga menjadi ganda putra yang paling ditakuti saat berpasangan dengan Markis Kido. Tahun 2008 mungkin adalah puncak prestasi Kido/Hendra, termasuk saat mereka memenangkan medali emas Olimpiade Beijing 2008.

Di tahun tersebut, eks ganda putra terbaik dunia ini tercatat memenangkan empat gelar Super Series. Kido/Hendra menang di Malaysia Open, China Masters, Denmark Open, dan French Open. Bahkan tiga gelar terakhir dimenangkan secara beruntun.

© internet
Caption Copyright: internetHendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong.

Namun rekor gelar Super Series terbanyak dalam satu tahun masih dipegang oleh ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong. Pada 2015, Lee/Yoo merengkuh enam gelar sekaligus. Mereka meraih enam dari total delapan gelar beruntun yang didapatkan oleh ganda putra asal Negeri Ginseng.

Capaian Kevin/Marcus sendiri sejauh ini sudah menyamai prestasi di tahun 2016 lalu yang juga meraih tiga gelar. Pasangan yang dijuluki Minions ini sukses mengantongi gelar dari turnamen India Open, Australia Open, dan China Open 2016.