BWF World Junior Championship 2017

Menangi ‘Perang Saudara’, Ganda Campuran Indonesia Jadi Juara Dunia

Minggu, 22 Oktober 2017 18:40 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Humas PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Copyright: © Humas PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Rinov/Mentari keluar sebagai juara dunia di ajang BWF World Junior Championship 2017 (WJC 2017) setelah di babak all Indonesian final menumbangkan pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dalam pertarungan ketat tiga set dengan skor 21-23, 21-15 dan 21-18.

Rinov/Mentari mengakui mereka harus melalui pertarungan sengit menghaapi Rehan Naufal/Siti Fadia meski keduanya merupakan rekan senegara. Namun ujian tersebut dapat dilalui dengan baik karena Rinov/Mentari tetap yakin dan percaya diri.

“Kami sudah tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing karena ketemu teman sendiri. Pertandingan tadi juga cukup sengit karena mereka juga memberikan perlawanan. Cuma kami yakin aja sama diri sendiri kalau kami pasti bisa,” ujar Rinov dalam rilis resmi PBSI yang diterima INDOSPORT.

“Kami sudah sering ketemu sebelumnya, sama-sama nggak mau ngalah dan ingin berjuang demi Indonesia,” sambung Mentari. 

© Humas PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Copyright: Humas PBSIRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Rinov/Mentari harus kehilangan game pertamanya setelah beradu sengit hingga 21-23. Masuk ke game dua, Rinov/Mentari terus berusaha keras di lapangan untuk menyamakan kedudukan dengan Rehan/Fadia.

Kerja keras Rinov/Mentari akhirnya berbuah manis. Mereka merebut dua game berikutnya dengan 21-15 dan 21-18. Rinov/Mentari mengaku sempat tegang di lapangan, apalagi rekannya tersebut merupakan juara di Asia Junior Championships 2017 lalu.

“Sebenarnya ada kepikiran sedikit, karena saya lebih senior. Tekanan lebih tinggi. Terus mereka juga juara AJC (Asia Junior Championship) , jadi kami lebih termotivasi,” pungkas Rinov.

“Kami ingin membuktikan kalau kami juga mampu,” tambah Mentari. 

© Humas PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari & Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Copyright: Humas PBSIRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari & Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Rinov/Mentari merupakan racikan baru pelatih ganda campuran yang dipasangkan dua minggu sebelum pertandingan. Tak memiliki waktu banyak untuk mempersiapkan diri, mereka mengaku berusaha membangun komunikasi dan lebih pasrah di lapangan.