Hariyanto Arbi Sebut India Akan Jadi Kekuatan Bulutangkis Baru

Rabu, 1 November 2017 06:37 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© swa.co.id
Juara dunia Bulutangkis, Hariyanto Arbi. Copyright: © swa.co.id
Juara dunia Bulutangkis, Hariyanto Arbi.

Legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi, menilai bahwa India kini adalah negara super power dalam dunia bulutangkis. Ini tak terlepas dari kesuksesan para pemain India seperti Kidambi Srikanth, HS Prannoy, hingga tunggal putri Pusarla Venkata Sindhu.

"Pemain India seperti Kidambi Srikanth dan HS Prannoy semakin baik setiap harinya dan performa mereka menanjak di level internasional. Teknik dan pukulan mereka baik dan sudah punya dasar yang kuat," komentar Arbi, dikutip dari India Express.

©
Caption Copyright: Kidambi Srikanth saat memenangkan Indonesia Open 2017.

"Dan itu semua terlihat dari performa Srikanth. Ia mencapai lima dari sepuluh final Super Series tahun ini. Kompetisi semakin ketat dan kuncinya adalah berlatih lebih keras. Bermain di final Super Series dan menang akan menambah kepercayaan diri Srikanth. Jika ia terus seperti ini, ia bisa memenangkan medali Olimpiade," lanjutnya. 

Arbi lantas melanjutkan, hasil menanjak yang diraih para pebulutangkis India tak terlepas dari peran besar para pelatih seperti Pullela Gopichand dan pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo.

©
Caption Copyright: Kidambi Srikanth dan pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo.

"Saat saya menang India Open, Gopichand sedang berada di awal kariernya lalu menang All England. Sebagai seorang pelatih, ia sudah bekerja keras dan itu muncul dalam performa para pemain seperti PV Sindhu dan Srikanth. Pelatih Indonesia Mulyo Handoyo baru-baru ini direkrut sebagai pelatih dan kehadirannya juga akan membantu para pemain India," tambah juara dunia 1995 ini.

"Saat ini, sudah jelas bahwa para pemain India juga punya skill untuk jadi pemain bulutangkis elite di dunia," pungkasnya.