China Open Super Series Premier 2017

Juara di China Open, Kevin/Marcus Samai Rekor Super Series Hendra/Ahsan

Senin, 20 November 2017 07:45 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kampiun di China Open 2017. Copyright: © Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kampiun di China Open 2017.

Kevin/Marcus memastikan gelar juara Super Series kelima mereka di tahun 2017 usai mengandaskan sang musuh bebuyutan asal Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen. Ganda putra yang dijuluki Minions ini menang dua set langsung, 21-19 dan 21-11 dalam tempo 40 menit.

Total, Kevin/Marcus telah mencapai babak final tujuh turnamen Super Series tahun ini. Selain China Open, mereka sukses mencuri gelar di ajang Japan Open, Malaysia Open, India Open, dan All England. 

Dengan koleksi lima gelar Super Series di tangan dalam satu tahun, Kevin/Marcus telah menyamai rekor salah satu ganda putra terbaik Indonesia lainnya, yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Hendra/Ahsan sukses merengkuh lima gelar Super Series pada 2013 silam. Pasangan yang sudah berpisah ini tercatat menang di Malaysia Open, Indonesia Open, Singapore Open, Japan Open, dan bahkan Super Series Masters Finals di Malaysia.

© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kampiun di China Open 2017. Copyright: Humas PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kampiun di China Open 2017.

Sementara rekor gelar Super Series terbanyak dalam satu tahun masih dipegang oleh ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong. Pada 2015, Lee/Yoo merengkuh enam gelar sekaligus. Mereka meraih enam dari total delapan gelar beruntun yang didapatkan oleh ganda putra asal Negeri Ginseng.

Namun Kevin/Marcus masih punya kesempatan lebar untuk melampaui torehan seniornya tersebut, bahkan rekor Lee/Yoo. Masih ada dua turnamen tersisa di akhir tahun ini, yakni Hongkong Open dan Dubai World Super Series Finals.

© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mathias Boe/Carsten Mogensen. Copyright: Humas PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Kevin/Marcus sendiri sudah mengamankan tiket menuju Final Super Series di Dubai setelah pencapaian gemilang di tahun ini. Dengan total mengumpulkan 66.630 poin, Kevin/Marcus berada di puncak klasemen ranking turnamen dan tak terkejar oleh ganda putra lainnya.

1