Loyo di Partai Puncak, Tontowi/Liliyana Gagal Rengkuh Gelar Juara Indonesia Masters 2018

Minggu, 28 Januari 2018 14:46 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Badminton Talk
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir harus puas sebagai runner-up Indonesia Masters 2018 Copyright: © Badminton Talk
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir harus puas sebagai runner-up Indonesia Masters 2018

Unggulan pertama ganda campuran Indonesia Masters 2018, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, harus bertekuk lutut di hadapan unggulan enam asal Cina, Zheng Siwei/Huang Yaqiuong dengan dua set langsung, 21-14, 21-11.

Tampil di depan pendukungnya sendiri di Istora Senayan, Jakarta (29/01/18), Tontowi/Liliyana tak mampu memberikan penampilan terbaiknya. Mantan pasangan nomor satu dunia itu dapat dikalahkan dengan mudah di dua set langsung. 

Pertarungan ketat dipertunjukan keduanya di awal-awal laga set pertama. Salip menyalip angka terjadi sampai di angka 8-9 untuk pasangan Cina. Owi dan Butet, sapaan akrab Tontowi dan Liliyana, sempat bisa menyamakan angka menjadi 10-10. Namun akhirnya paruh set pertama ditutup oleh pasangan CIna, 10-11.

Di awal paruh kedua set pertama, kejar mengejar angka masih terjadi. Namun, setelah menyentuh angka 12, pasangan Cina terus melesat hingga unggul 13-16. Pasangan Cina tampil lebih baik dengan memanfaatkan bola-bola tanggung dari Owi maupun Butet. 

Setelah itu, dua kali beruntun Tontowi dan liliyana mendapat smash yang tak bisa dibendung hingga poin ke 13-18. Tontowi dan Lilyana berusaha mengejar dengan penempatan-penempatan bola jauh. tetapi hal itu sudah tak berarti.

© INDOSPORT
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir gagal merengkuh gelar juara Indonesia Masters 2018 Copyright: INDOSPORTTontowi Ahmad dan Liliyana Natsir gagal merengkuh gelar juara Indonesia Masters 2018

Kesalahan-kesalahan yang dialakukan di awal harus dibayar mahal dengan hilangnya gim pertama untuk kemenangan pasangan Cina, 21-14. 

Di set kedua, kedua tim kembali mengulangi apa yang terjadi di set pertama. Sebelum jeda set, kedua pasangan kejar mengejar angka. Namun, dengan penampilan yang terlihat kurang ngotot dan banyaknya bola-bola nanggung dari Owi/Butet, Cina berhasil melesat sampai di angka 18-10 dengan smash-smash telak yang dilakukannya. Set kedua pun menjadi milik Cina dengan skor 21-11. 

Dengan hasil ini, Owi/Butet tak bisa mengikuti jejak tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, yang berhasil keluar sebagai juara Indonesia Masters 2018 setelah mengalahkan wakil Jepang, Kazumasa Sakai, dua set langsung 21-13, 21-12. Indonesia masih menyisakan wakilnya di nomor ganda putri dan ganda putra yang akan bertarung di hari yang sama.