Sebelum Kevin/Marcus, 3 Ganda Putra Indonesia Ini Pernah Juara Beruntun di All England

Senin, 19 Maret 2018 14:55 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Ricky Subagja/Rexy Mainaky. Copyright: © INDOSPORT
Ricky Subagja/Rexy Mainaky.

Di antara turnamen bulutangkis yang ada di dunia, mungkin tidak ada yang lebih prestise ketimbang kompetisi All England.

Kenyataan bahwa turnamen di Negeri Elizabeth itu adalah turnamen bulutangkis tertua di dunia, menjadi salah satu alasan banyak pebulutangkis dunia yang berhadap bisa meraih gelar juara di sana.

Berbeda dari turnamen bulutangkis lainnya, All England tidak mengenal sistem kualifikasi. Oleh sebab itu, biasanya turnamen ini sudah menampilkan laga sengit sejak babak pertama.

Tidak mudah meraih gelar juara di All England. Bahkan peraih medali emas Olimpiade saja belum tentu bisa untuk merasakan menjadi kampiun di turnamen yang pernah berhenti karena Perang Dunia I dan II ini.

© INDOSPORT
Logo All England. Copyright: INDOSPORTAll England merupakan turnamen bulutangkis tertua di dunia.

Seperti yang dirasakantunggal putra Indonesia yang meraih medali emas Olimpiade di Athena, Yunani 2004 lalu, Taufik Hidayat. Meski berkali-kali tampil, menantu Agum Gumelar tersebut selalu gagal membawa pulang medali juara.

Namun, terkadang ada juga yang mampu meraih juara di All England hingga berkali-kali. Beberapa di antaranya bahkan meraih gelar juara berturut-turut.

Contoh terbarunya adalah pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Pasangan berjuluk Duo Minions itu baru telah menguasai All England 2017 dan 2018.

Namun, tahukah Anda jika ternyata Kevin/Marcus ini bukanlah ganda putra pertama Tanah Air yang mampu merebut gelar juara All England berturut-turut?

Ya, ternyata ada tiga pasangan ganda putra senior mereka, yang lebih dulu merasakan manisnya meraih gelar juara All England secara berturut-turut. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT sajikan pembahasannya: