Legenda Olahraga: Taufik Hidayat, Raja Backhand dan Kaisar Bulutangkis Dunia

Kamis, 29 November 2018 16:01 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Legenda bulutangkis, Taufik Hidayat Copyright: © INDOSPORT
Legenda bulutangkis, Taufik Hidayat

INDOSPORT.COM – Pencinta bulutangkis Indonesia di era modern tentu mengenal sosok Taufik Hidayat. Namanya melengenda sebagai salah satu anggota dari empat kaisar bulutangkis pria yang terpandang di mata dunia.

Taufik Hidayat telah mencatatkan rekor internasional atas nama pribadinya sejak usia muda. Sejumlah rekor masih ia pertahankan sampai saat ini setelah gantung raket.

Usaha keras Taufik Hidayat tidak datang begitu saja layaknya orang berbicara prestasi lahir hanya dari bakat alami. Tidak, pria yang kerap dipanggil Opik ini menanam benih mimpinya sejak usia 7 tahun saat diajak ayahnya bermain badminton di GOR Pamor, Pengalengan hingga akhirnya dimasukkan ke klub badminton Sangkuriang Graha Sarana (SGS) Elektrik Bandung.

Taufik Hidayat digembleng oleh mantan atlet nasional, Lie Sumirat, saat bergabung dengan klub badminton SGS pimpinan Lutfi Hamid. Ia bahkan harus bolak-balik Pengalengan-Bandung demi mengejar mimpinya menjadi atlet bulutangkis hebat.

Usaha kerasnya terkadang terbentur masalah pendidikan. Beruntung, sekolahnya mendukung prestasi Taufik Hidayat di bidang bulutangkis dengan memberikan ujian akhir SMA susulan sendirian.

Buah konsisten dalam mengejar karier bulutangkis akhirnya dipetik oleh Opik muda. Karena prestasi gemilangnya, Taufik Hidayat berhasil masuk ke Pelatnas Cipayung usai lulus SMA.