Bermodal Kerja Keras, Federer Tak Punya Bakat Alamiah Bermain Tenis?

Selasa, 11 Desember 2018 18:29 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/BBC Sport
Roger Federer saat berlaga di Stuttgart Terbuka 2017. Copyright: © Twitter/BBC Sport
Roger Federer saat berlaga di Stuttgart Terbuka 2017.

INDOSPORT.COM - Meski menjadi salah satu petenis dengan segudang gelar, Roger Federer dianggap tidak memiliki bakat alamiah di bidang olahraga yang membesarkan namanya tersebut. Demikian disampaikan oleh pelatih tenis senior, Gunter Bresnik.

Bresnik menilai bahwa sebuah bakat itu sudah ada sejak lahir dan tinggal diasah seiring bertambahnya usia. Namun, usaha Federer untuk mencapai posisinya sekarang patut diacungi jempol. Meski petenis asal Swiss tersebut membutuhkan waktu yang tidak singkat, perjuangan pada akhirnya pasti akan membuahkan hasil.

“Menurut saya, definisi talenta itu adalah mereka yang berhasil mencapai sesuatu dalam waktu singkat dan dengan usaha yang minimum,” kata Bresnik, seperti dikutip dari Daily and Sunday Express.

“Itu tidak berlaku jika dilakukan secara jangka panjang. Jika Anda mengira Roger Federer berhasil mendapatkan ini semua dengan mudah, Anda salah,” terangnya lagi.

“Anda tidak bisa membayangkan bagaimana profesionalnya permainan tenis itu. Jika Anda bekerja keras, terkadang semuanya bisa terlihat lebih mudah.”

Sementara itu, hal senada juga diutarakan salah seorang legenda tenis, John McEnroe. Menurutnya, pemain yang memiliki bakat alamiah adalah Nick Kyrgios. Bahkan, ia menyebut Kyrgios sebagai petenis terbaik yang selalu memiliki potensi yang bisa dikeluarkan kapan saja.

“Nick itu benar-benar pemain yang berbakat. Dari sejumlah petenis dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, saya rasa dia yang benar-benar memiliki bakat murni. Dia yang terbaik,” kata McEnroe.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%