Usai Divonis Kanker, Lee Chong Wei Siap Lakukan Comeback

Selasa, 8 Januari 2019 09:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei telah kembali berlatih untuk pertama kalinya setelah absen enam bulan karena penyakit kanker yang dideritanya.

Lee didiagnosis menderita kanker hidung stadium awal pada Juli tahun lalu, mengatakan ia akan fokus pada pemulihan massa ototnya yang telah hilang setelah berbulan-bulan tidak bisa berlatih.

"Hari ini adalah hari pertama latihan dan sejauh ini semuanya baik-baik saja. Ini adalah latihan ringan dan dokter menyarankan saya untuk berlatih 30 persen, bukan 100 persen,” kata Lee kepada CGTN.

"Saya ingin berlatih lebih banyak tetapi saya ingin menghindari cedera. Saya kehilangan kekuatan otot setelah tidak berlatih selama berbulan-bulan. Saya ingin membangun otot saya dan membangun kekuatan saya terlebih dahulu serta kepercayaan diri."

Mantan juara dunia berusia 36 tahun itu mengatakan bahwa penyakitnya tidak mengurangi keterampilannya dalam bermain dan bahwa ia akan dapat melakukan ketangkasannya kembali setelah pulih secara fisik.

Pelatihnya, Hendrawan, mengatakan Lee terlihat lebih tenang dan bahagia, serta menyatakan keyakinan bahwa ia akan kembali ke penampilan puncaknya seperti dulu lagi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh World Badminton News 🏸 (@worldbadmintonnews) pada

"Tingkat keahliannya tidak akan turun tetapi dia belum berlatih selama enam bulan. Butuh waktu untuk kembali ke kemampuan puncak,” kata Hendrawan.

Penampilan terakhir Lee di lapangan adalah saat bermain di Indonesia Open pada Juli tahun lalu, di mana ia kalah dari Kento Momota dari Jepang di semifinal. Kini ia menargetkan kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo 2020 dan akan comeback saat turnamen Malaysia Terbuka pada April mendatang.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM