3 Rekor Fantastis Rudy Hartono di All England

Rabu, 27 Februari 2019 15:32 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© allenglandbadminton
Legenda Bulutangkis, Rudy Hartono. Copyright: © allenglandbadminton
Legenda Bulutangkis, Rudy Hartono.

INDOSPORT.COM - Turnamen All England 2019 akan segera digelar di Arena Birmingham, Inggris pada 6-10 Maret 2019 mendatang. Ajang ini bakal menjadi tempat pembuktian bagi para pebulutangkis terbaik di dunia.

Sebagai kejuaraan bulu tangkis tertua dan bergengsi di dunia, pemain Indonesia kerap mencatatkan rekor apik di All England. Salah satunya mantan atlet bulutangkis dari sektor tunggal putra yakni Rudy Hartono.

Rudy Hartono sampai saat ini masih memegang raja All England atau gelar terbanyak. Dia merupakan pemain paling sukses di sektor tunggal putra dengan delapan kali juara All England, di mana tujuh di antaranya tercatat secara beruntun pada 1968 hingga 1974 dan di tahun 1976.

Saat juara All England terakhirnya (1976), legenda  bulutangkis Indonesia itu sukses menumbangkan rekan senegaranya, Liem Swie King dengan skor 15-7 dan 15-6.

Hingga pada penyelenggaraan All England 2018, nama Rudy Hartono belum tergeser sebagai pemain tunggal putra paling produktif dengan tampil terbanyak di final dan terbanyak menyabet gelar. Rudy juga meraih tiga rekor yang sangat luar biasa. 

Rekor pertamanya ia raih dengan delapan gelar yang sampai saat ini belum ada yang mampu menyamainya di sektor tunggal putra. Sedangkan, rekor keduanya yakni penampilan terbanyak di final sebanyak 10 kali dan rekor tersebut kini disamai oleh pebulutangkis tunggal putra China, Lin Dan.

Lalu yang ketiga adalah Rudy masih lebih berjaya karena dari 10 aksinya di final, sembilan di antaranya adalah penampilan back-to-back alias berturut-turut. Sedangkan Lin Dan hanya melakoni enam dari 10 penampilan di final secara beruntun.

Lin Dan juga masuk dalam catatan emas sektor tunggal putra All England karena mendapatkan enam gelar sepanjang musim 2004 hingga 2016. Pencapaian tersebut membawanya ke peringkat tiga klasemen pemain dengan gelar terbanyak.

Sebagai informasi, nama-nama lain yang tercatat dalam sejarah di antaranya pemain legendaris asal Malaysia, Lee Chong Wei dengan memperoleh empat gelar dan tertulis tujuh kali tampil di final, Liem Swie King dengan tiga gelarnya dari tujuh laga di final, serta Chen Long yang memiliki dua gelar di ajang All England.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Penulis: Neneng Astrianti.