Hasil Pertandingan Final India Open 2019: Praveen/Melati Runner Up

Minggu, 31 Maret 2019 15:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda Campuran Indonesia, Praven/Oktavianti saat melawan pasangan Hongkong, Lee/Chou pada babak pertama Indonesia Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda Campuran Indonesia, Praven/Oktavianti saat melawan pasangan Hongkong, Lee/Chou pada babak pertama Indonesia Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM – Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menuntaskan perlawanannya atas wakil China, Wang Yilyu/Huang Dongping di final India Open 2019 dengan skor 13-21, 11-21, Minggu (31/03/19).

Sejak awal pertandingan keduanya memang tidak berimbang. Ini merupakan kali kedua bagi Praveen/Melati ke partai final India Open, namun keduanya juga tak pernah menang saat berjumpa Yilyu/Dongping dari tiga pertemuan sebelumnya.

Meski sebelumnya Praveen sempat mengalahkan pasangan China tersebut saat masih duet dengan Debby Susanto, namun tak dapat disangkal jika perlawanan wakil Indonesia masih di bawah kualitas Yilyu/Dongping, yang merupakan peringkat kedua ganda campuran BWF.

Jalannya game pertama bukan menjadi milik Indonesia. Praveen/Melati sempat tertinggal 2-7, sebelum mencoba mengejar ketertinggalan menjadi 8-10. Sayangnya Praveen melakukan cukup banyak servis error sehingga kok terus membentur net, sementara Melati juga belum maksimal dalam menjaga wilayah pertahanan.

Lawan kembali mendulang poin menjadi 11-18 dengan memanfaatkan error dari para pemain Indonesia, sebelum akhirnya menutup game pertama dengan perolehan skor 13-21.

Masalah kembali muncul di game kedua, di mana rotasi Praveen/Melati tidak maksimal dan membuat keduanya kerap kali berbenturan. Sempat memimpin dengan skor 6-4, lagi-lagi kesalahan di game pertama terulang dan ganda campuran China menyalip skor menjadi 10-11.

Praveen/Melati mulai kehilangan fokus dan mental bertahan, sementara Yilyu/Dongping semakin di atas angin setelah membalikkan kedudukan. Pengembalian Praveen belum maksimal dan kok seringkali membentur net, skor berubah menjadi 10-17 untuk keunggulan lawan.

Jelang akhir laga, Praveen sempat mengeluhkan sakit di bahu kanannya, sebelum kemudian menutup pertandingan dengan skor 11-21. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti keluar sebagai runner up India Open 2019 dan belum berhasil meraih medali emas perdana mereka sebagai pasangan.

Namun capaian keduanya sebagai runner up di ajang Super 500 ini akan membawa Praveen/Melati menanjak ke peringkat top 11 dunia.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar India Open 2019 Hanya di INDOSPORT.COM.