Jonatan Christie Akui Ketangguhan Chen Long di Semifinal Malaysia Open 2019

Sabtu, 6 April 2019 19:48 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Ekspresi kekecewaan Jonathan Christie setelah pertandingan. Copyright: © PBSI
Ekspresi kekecewaan Jonathan Christie setelah pertandingan.

INDOSPORT.COM- Jonatan Christie tak mampu melanjutkan catatan positifnya di ajang Malaysia Open 2019 ketika berjumpa tunggal putra China, Chen Long, pada partai semifinal di Axiata Arena, Kuala Lumpur Sports City, Malaysia, Sabtu (06/04/19). Jonatan kalah lewat tiga game 21-12, 10-21, 15-21

Walau gagal meraih kemenangan atas sang lawan, pebulutangkis yang karib disapa Jojo itu nyatanya mampu tampil apik dan berhasil menyulitkan Chen Long dalam pertandingan ini. Bahkan peraih medali emas Asian Games 2018 ini berhasil membalikan kedudukan dan mengamankan set pertama.

Namun, selepasnya, Jojo harus mengakui keunggulan pebulutangkis peringkat lima dunia tersebut. Dilansir dari situs resmi PBSI, Jojo, menyadari bahwa berhadapan dengan Chen Long tidaklah segampang yang dikira. Terlebih, rekor pertemuannya yang belum pernah menang, menghantui dirinya dalam pertandingan itu.

"Sudah saya perkirakan kalau berhadapan dengan Chen Long tidak akan mudah. Head to head saya juga ketinggalan jauh. Tapi saya sudah mencoba melakukan yang terbaik," ucap Jojo dilansir situs resmi PBSI.

Jojo berdalih angin menjadi alasan mengapa dirinya kerap kali melakukan kesalahan yang berbuah poin untuk Chen Long. Ditambah, ia juga beberapa kali terburu-buru dalam mengambil keputusan di pertandingan tersebut.

"Di game pertama dengan keadaan kalah angin, saya bisa bermain cukup baik dan Chen Long juga banyak melakukan kesalahan sendiri. Tapi saat saya pindah tempat dan menang angin, membuat lawan lebih enak dengan pola defendnya."

"Dan saya merasa anginnya cukup mengganggu sedikit stroke saya. Jadi beberapa kali banya unforced error dan beberapa kali buru-buru juga. Tapi sejauh ini, secara keseluruhan saya sudah cukup puas dengan permainan saya, meskipun hasilnya belum maksimal," tuturnya.

Jojo juga membandingkan kala dirinya berhadapan dengan Viktor Axelsen dengan Chen Long. Menurutnya Chen Long lebih tenang dan lebih percaya diri saat berhadapan dengannya, tidak seperti Axelsen. Jadi ketika Jojo bermain cepat, Chen Long mampu mengatasi hal itu.

"Chen Long sudah lebih percaya diri untuk menghadapi saya. Kemudian saya rasa dia jauh lebih tenang dibanding Viktor Axelsen kemarin. Di saat saya bermain cepat di bisa mengimbangi permainan saya. Jadi beberapa kali pola saya cukup patah di tangan Chen Long," tutup Jojo.

Dengan kekalahan ini, sektor tunggal putra Malaysia Open 2019 dipastikan akan menggelar All China final. Sedangkan untuk Indonesia, di ajang ini, kontingen Merah-Putih gagal meraih satupun kemenangan setelah Jojo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian juga kandas dari lawannya.

Terus Ikuti UpdateBerita Olahraga Seputar Bulutangkis Lainnya Hanya di INDOSPORT.