Bukti Indonesia Pernah Berjaya di Singapore Open

Senin, 8 April 2019 17:41 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dikenal sebagai salah satu negara paling berprestasi di dunia bulutangkis dunia, Indonesia punya catatan bagus selama berkompetisi di ajang Singapore Open. Turnamen tahunan ini pertama digelar pada tahun 1987.

Pada gelaran pertama, Indonesia berhasil menempatkan pemain legendaris Liem Swee King dan o dalam daftar pemenang sektor ganda putra. Sementara itu, Elizabeth Latief menyabut gelar di tunggal putri.

Tahun-tahun berikutnya, nama Indonesia semakin berkibar saat Singapore Open era 1990-an, termasuk legenda ganda putra Indonesia, Ricky Subagja/ Rexy Mainaky yang menang selama dua periode berturut-turut pada tahun 1994 dan 1995.

Salah satu pencapaian terbaik Indonesia di ajang Singapore Open terjadi pada gelaran tahun 1997. Berdasarkan daftar pemenang yang dimuat di situs resmi BWF, Indonesia berhasil menempatkan banyak pemainnya di podium tahun 1997.

Indonesia tampil sebagai juara di sektor tunggal putra oleh Hariyanto Arbi; ganda putra Candra Wijaya/Sigit Budiarto; dan ganda campuran Bambang Suprianto/Rosalina Riseu.

Pebulutangkis Indonesia yang lalu membela Belanda, Mia Audina, juga menang di sektor tunggal putri.

Di ajang Singapore Open, Indonesia pernah sangat berjaya di sektor tunggal putra. Sebelum Harijanto Arbi, sejumlah pemain seperti Ardy Wiranata (1994) dan Joko Suprianto (1995) sudah terlebih dahulu mencicipi manisnya berada di podium pertama.

Setelah tahun 1997, Indonesia pun masih terus mendominasi berkat jasa Hendrawan (1998); Hariyanto Arbi (1999); dan Taufik Hidayat (2001).

Perjuangan mereka pun dilanjutkan oleh generas-generasi selanjutnya seperti Sony Dwi Kuncoro, Tommy Sugiarto, dan Simon Santoso.

Singapore Open 2019 rencananya akan digelar di Singapore Indoor Stadium pada 9 s.d 14 April 2019. Kali ini bagaimana prestasi Indonesia?

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT