Singapore Open 2019 : Putuskan Mundur, Lin Dan Ungkap Alasannya

Kamis, 11 April 2019 14:17 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lin Dan membuat kejutan di Singapore Open 2019 setelah memutuskan untukberhenti ketika set pertama melawan Viktor Axelsen. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lin Dan membuat kejutan di Singapore Open 2019 setelah memutuskan untukberhenti ketika set pertama melawan Viktor Axelsen.

INDOSPORT.COM – Keputusan Lin Dan mengundurkan diri dari turnamen Singapore Open 2019 menimbulkan beragam pertanyaan dari banyak pihak.

Meskipun sudah menunjukkan ke wasit kalau ia mengalami cedera, namun banyak pihak yang menduga kalau keputusannya mengundurkan diri dari salah satu turnamen BWF Super Series tersebut bukan karena cedera, tetapi karena dirinya kecewa dengan keputusan wasit.

Lin Dan pun akhirnya angkat suara soal pengunduran dirinya dari turnamen Singapore Open 2019. Pebulutangkis 36 tahun itu pun menyangkal semua tuduhan yang menyebutkan kalau alasannya mundur bukan karena cedera melainkan kecewa pada wasit. Menurut Lin Dan, kebugaran menjadi alasan terkuatnya untuk mundur.

“Turnamen Malaysia Open 2019 sudah menghabiskan banyak energi saya. Sementara sebentar lagi akan ada kualifikasi Olimpiade 2020, saya perlu menjaga kebugaran tubuh saya. Penting untuk tidak cedera dalam waktu seperti sekarang,” kata Lin Dan dikutip dari laman berita sport Yahoo News Singapore.

Seperti diketahui, pebulutangkis asal China tersebut tiba-tiba keluar dari lapangan pada saat pertandingan masih berlangsung di set pertama. Kala itu, skor masih 13-20 untuk keunggulan pebulutangkis asal Denmark, Viktor Axelsen. 

Keputusannya keluar dari begitu saja dari lapangan membuat para suporter yang sedang menonton kecewa terhadap tindakannya. Mereka pun banyak  yang menyoraki Lin Dan. Sementara itu, lawan mainnya, Viktor Axelsen,  juga sempat memberikan komentar sinis atas sikap seniornya yang tidak profesional tersebut.

“Jika Lin Dan memang cedera, saya berdoa dia segera pulih. Namun jika tidak, maka ini tindakan yang sangat memalukan dalam olahraga,” ujar Viktor dikutip dari Yahoo News Singapore.

Tindakan walk out Lin Dan pada pertandingan babak dua Singapore Open 2019, Rabu(10/04/19) kemarin, sebenarnya memang bukan yang pertama. Ia pernah melakukan hal yang sama di tahun 2011, pada pertandingan melawan juniornya, Chen Jin di final tunggal putra. Kala itu, ia juga memilih mundur dengan cara yang hampir serupa.

Kendati demikian, Lin Dan merasa tidak menyesal meskipun sudah memutuskan mundur dari turnamen yang berhadiah total 350 ribu USD (setara 4,95 miliar) tersebut.

“Tidak ada yang perlu dikecewakan. Singapore Open 2019 adalah turnamen yang sulit dan semoga saya masih bisa kembali bermain di turnamen ini tahun depan,” pungkasnya.

Singapore Open menjadi salah satu turnamen yang belum pernah dimenangkan Lin Dan. Ia pernah memiliki kesempatan untuk memenangkan salah satu turnamen  BWF Super Series di tahun 2011, tetapi gagal karena memutuskan mundur di partai final.

Ikuti Terus Update Bulutangkis dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM