Ini Alasan Pelatih Ganda Putri Indonesia Hanya Kirimkan Satu Wakil di Piala Sudirman 2019

Kamis, 9 Mei 2019 14:38 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mark Phelan/Badminton Photo
Ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ketika berlaga di turnamen bulu tangkis India Open 2019. Copyright: © Mark Phelan/Badminton Photo
Ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ketika berlaga di turnamen bulu tangkis India Open 2019.

INDOSPORT.COM – Tim Indonesia akan berkekuatan 20 pemain pada turnamen bulutangkis beregu campuran Piala Sudirman 2019. Di antara 20 pemain tersebut, sektor ganda putri menjadi penyumbang pemain paling minim karena hanya mengirim satu wakil.

Pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda putri. Pelatih kepala ganda putri Indonesia, Eng Hian, percaya diri meski hanya diwakili oleh Greysia/Apriyani.

“Hingga saat ini yang paling konsisten dan stabil hanya Greysia/Apriyani. Kalau saya pribadi, di ganda putri mau menurunkan yang terbaik. Semua pertimbangan membawa tiga pemain itu dilihat dari kebutuhan tim juga, yang terbaik untuk tim,” ujar Eng dilansir dari laman resmi PBSI.

Keyakinan Eng pada pasangan Greysia/Apriyani memang cukup beralasan. Selain dinilai sebagai pasangan ganda putri paling konsisten, saat ini Greysia/Apriyani menduduki peringkat lima dunia.

Meski menaruh harapan pada Greysia/Apriyani, Eng juga telah menyiapkan antisipasi. Sebagai pemain cadangan di sektor ganda putri, nama Ni Ketut Mahadewi Istarani sudah disiapkan.

“Ketut dipilih masuk tim karena dia paling fleksibel. Dilihat dari performance dan permainan, dia bisa dipasangkan dengan siapa saja, termasuk dengan Greysia dan Apriyani,” imbuhnya.

Eng juga menyatakan bahwa ia tak khawatir dengan kondisi Greysia yang sempat mengalami cedera yang membuat dia dan pasangannya mundur dari turnamen New Zealand Open 2019 beberapa waktu lalu.

“Sejauh ini kondisi Greysia sudah membaik. Kemarin itu tangannya hanya over-use saja. Dia sudah ke dokter dan memang instruksi dokter adalah diistirahatkan dulu tangannya,” papar Eng.

Sebagai informasi, Piala Sudirman 2019 akan digelar di Guangxi Sports Center, Nanning, China. Lambang supremasi bulu tangkis beregu campuran itu akan dimulai pada tanggal 19-26 Mei 2019. Indonesia berada di Grup B Piala Sudirman 2019, bersama Denmark dan Inggris.

Terus Ikuti Berita Olahraga Bulutangkis Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM