Profil Tim Piala Sudirman 2019: China, Raja dan Tuan Rumah

Senin, 13 Mei 2019 16:43 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Tim/Indosport.com
Bendera China dan Piala Sudirman. Grafis: Tim/Indosport.com Copyright: © Grafis: Tim/Indosport.com
Bendera China dan Piala Sudirman. Grafis: Tim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - China menjadi tuan rumah Piala Sudirman 2019. Berikut profil negara peserta Piala Sudirman 2019, China.  

Turnamen Piala Sudirman 2019 akan berlangsung dalam waktu dekat, tepatnya pada 19 hingga 26 Mei 2019 mendatang. Kota Nanning di China akan menjadi tuan rumah turnamen 2 tahunan ini. 

Piala Sudirman 2019 akan menjadi turnamen ke-16 ajang bergengsi ini. Piala Sudirman pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989, Piala Sudirman diambil dari nama Dick Sudirman, legenda bulutangkis Indonesia yang menjadi pendiri Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). 

Piala Sudirman 2019 sendiri akan diikuti oleh 31 negara termasuk tuan rumah China dan Indonesia. Sebelum menyaksikan para pebulutangkis ternama dari 31 negara bertanding, INDOSPORT menyajikan profil negara peserta terlebih dahulu. 

Berikut profil negara peserta Piala Sudirman 2019, China: 

1. Rekam Jejak

China, sebagai salah satu kekuatan bulutangkis di dunia, sudah mengikuti Piala Sudirman sejak pertama digelar di Jakarta pada tahun 1989. 

Pada keikutsertaan pertamanya, China hanya mencapai babak semifinal. Begitu juga dengan Piala Sudirman 1991 dan 1993, China masih menjadi semifinalis. 

China baru meraih gelar pertamanya di Piala Sudirman pada tahun 1995. Sejak saat itu, China menjadi raja di Piala Sudirman. 

China kini mengoleksi 10 gelar Piala Sudirman dan merupakan yang terbanyak. China hanya 2 kali menjadi runner up. 

Cukup berbeda dengan Indonesia yang baru 1 kali juara dan 6 kali runner up. 

2. Skuat dan Sektor Unggulan

Seperti di turnamen BWF World Tour atau turnamen lainnya, China punya keunggulan di hampir semua nomor pertandingan. Tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran China cukup menguasai dalam dua tahun terakhir. 

Hanya di nomor ganda putra dalam dua tahun terakhir China cukup jarang memenangkan gelar. Meski begitu, China tetap akan mengerikan di Piala Sudirman 2019 karena skuat yang mereka bawa. 

Berikut skuat China di Piala Sudirman 2019: 

Putra

- Chen Long
- Shi Yuqi
- Lu Guangzu
- Li Junhui
- Liu Yuchen
- Hang Chengkai
- Zhou Haodong
- He Jiting
- Wang Yilyu
- Zheng Siwei

Putri

- Chen Yufei
- He Bingjiao
- Han Yue
- Chen Qingchen
- Jia Yifan
- Du Yue
- Li Yinhui
- Zheng Yu
- Huang Yaqiong
- Huang Dongping

3. Prediksi

Dengan skuat yang dimiliki, dalam setiap pertandingan setidaknya China akan memenangkan 3 nomor diantaranya. China berada satu grup dengan dua negara yang cukup kuat yaitu India dan Malaysia di Grup 1D. 

Meski begitu, China diprediksi akan lolos dengan mudah ke babak perempatfinal. Di perempatfinal juga China masih akan unggul. 

Sebagai tuan rumah, China tentu difavoritkan untuk juara, atau setidaknya akan lolos ke final. Lawan kuat yang patut diwaspadai adalah Jepang, Korea Selatan, dan China. 

Ikuti Terus Berita Piala Sudirman 2019 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM