Jika Lolos ke Final Piala Sudirman 2019, Negara Mana yang Akan Jadi Lawan Indonesia?

Jumat, 24 Mei 2019 06:17 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Profil Indonesia di Piala Sudirman Copyright: © INDOSPORT
Profil Indonesia di Piala Sudirman

INDOSPORT.COM - Indonesia akan menjalani babak perempatfinal Piala Sudirman 2019, Jumat (24/05/19). Jika lolos ke final, negara mana yang akan menjadi lawan Indonesia? 

Turnamen Piala Sudirman 2019 telah memulai pertarungan di babak perempatfinal sejak Kamis (23/05/19). Dua pertandingan mengawali babak perempatfinal Piala Sudirman 2019. 

China vs Denmark dan Korea Selatan vs Thailand. China berhasil mengalahkan Denmark dengan skor 3-1. China hanya kecolongan satu angka karena Chen Long dikalahkan oleh Viktor Axelsen. 

Sedangkan Thailand di luar dugaaan berhasil mengalahkan juara bertahan Korea Selatan dengan skor 3-1. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, Kantaphon Wangcharoen, dan si cantik Ratchanak Intanon menjadi penyumbang poin bagi Thailand. 

Dua negara sudah memastikan diri melaju ke babak semifinal. Masih ada 4 negara lagi yang akan memperebutkan tiket ke semifinal. 

Pertandingan antara Indonesia vs Chinese Taipei dan Jepang vs Malaysia akan berlangsung hari ini, Jumat (24/05/19). Indonesia diunggulkan untuk mengalahkan Chinese Taipei di babak perempatfinal. 

Jika pada akhirnya Indonesia berhasil lolos ke final Piala Sudirman, kira-kira siapa yang akan menjadi lawan Indonesia di final? 

Sebelum mencapai final, Indonesia harus bisa mengalahkan Chinese Taipei di babak perempatfinal, setelah itu di babak semifinal akan bertemu pemenang laga Jepang vs Malaysia. 

Setelah itu, maka Indonesia akan mencapai final dan akan melawan salah satu diantara dua negara ini. 

Thailand

Thailand tampil mengejutkan di Piala Sudirman 2019 dengan mengalahkan juara bertahan Korea Selatan di babak perempatfinal. Kemenangan itu mengantarkan Thailand ke babak semifinal Piala Sudirman untuk ke-3 kalinya sepanjang sejarah. 

Pertama kali Thailand menginjakkan kaki di babak semifinal pada Piala Sudirman 2013 di Kuala Lumpur. Lalu yang kedua adalah di Piala Sudirman 2017 lalu. 

Tetapi Thailand tidak pernah mencapai final pada penampilan sebelumnya. Hal itu juga kemungkinan akan terjadi di Piala Sudirman 2019, Thailand akan kandas di babak semifinal. 

China

China adalah raja di Piala Sudirman dengan 10 gelar juara dan 2 kali runner up. Maka lawan yang paling mungkin dan paling pantas dihadapi oleh Indonesia di laga final adalah China. 

Sayangnya, rekor pertemuan Indonesia dengan China di Piala Sudirman terhitung buruk, terutama di pertandingan final. China sudah mengalahkan Indonesia sebanyak 4 kali di laga final Piala Sudirman. 

Indonesia pertama kali mengalahkan China pada semifinal Piala Sudirman 1993, namun sejak itu cukup kesulitan ketika menghadapi China. 

Jika di Piala Sudirman 2019 Indonesia akhirnya bertemu China, apakah kemenangan akan bisa diraih Indonesia? Tentu kemungkinan itu masih ada. 

Skor realistis yang bisa diraih Indonesia di laga final melawan China adalah 3-2. Indonesia bisa merebut nomor tunggal putra, ganda putra, dan ganda putri. 

China sudah sekali kecolongan poin dari nomor tunggal putra saat menghadapi Denmark. Sedangkan di nomor ganda putra, Kevin/Marcus punya rekor bagus atas Li Junhui/Liu Yuchen. 

Kevin/Marcus punya rekor head-to-head 8 berbanding 2 dengan ganda putra terbaik China tersebut. Sedangkan untuk ganda putri, Indonesia berharap kepada Greysia Polii/Apriyani Rahayu untuk melawan Cheng Qingchen/Jia Yifan. 

Dari 6 pertemuan, Greysia/Apriyani memenangkan dua pertandingan diantaranya. Pertarungan dua ganda ini juga hanya terpaut dua strip di ranking dunia.

Motivasi untuk kembali menjuarai Piala Sudirman tentu harus dimiliki oleh skuat Indonesia, agar bisa mengalahkan siapapun lawan di Piala Sudirman 2019. 

Ikuti Terus Berita Piala Sudirman dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM